breaking news Baru

Kecanggihan Satelit Telkom Yang Mau Diluncurkan Roket Elon Musk

Nasional, Buana Informasi TV - Satelit terbaru Telkom akan diluncurkan pada 20 Februari 2024 waktu Florida, Amerika Serikat (AS) atau 21 Februari 2024 waktu Indonesia. Dibandingkan pendahulunya, satelit saat ini terbilang lebih canggih.

Satelit yang dinamakan Merah Putih 2 itu berjenis high throughput satellite (HTS) yang akan dikhususkan untuk layanan internet. Adapun, satelit HTS ini adalah yang pertama kali dimiliki oleh Telkom.

Teknologi satelit HTS, yaitu teknologi yang memiliki desain cakupan area di bumi yang berukuran kecil namun banyak (multi-spots beam). Sementara sebelumnya, memiliki satu cakupan area di bumi (beam coverage) yang berukuran besar (single wide beam).

"Ditenagai oleh platform mutakhir Spacebus 4000B2 dan memiliki masa pakai desain selama 15 tahun, satelit ini merupakan hasil kerja sama Thales Alenia Space dalam hal pabrikasi dan fasilitasi peluncuran yang mulus oleh SpaceX, kedua mitra yang sudah berpengalaman dalam proyek-proyek satelit Telkom sebelumnya," ujar Lukman dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/2/2024).

Saat ini, posisi satelit Merah Putih 2 sudah berada di kawasan peluncuran Cape Canaveral, Florida, AS. Nantinya, wahana antariksa tersebut diangkut menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX.

Lukman mengungkapkan bahwa proses pemilihan mitra dan pengadaan satelit telah mematuhi prinsip kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.

"Dalam hal bisnis, pemilihan mitra juga mempertimbangkan biaya per Gbps yang rendah, sehingga menghasilkan satelit dengan kapasitas lebih besar dan harga jual yang bersaing," ucap dia.

Satelit Merah Putih 2 akan mengisi slot orbit 113 derajat Bujur Timur. Saat ini, Telkomsat aktif mengoperasikan dua satelit, yaitu Telkom-3S dan Telkom Merah Putih.

"Antusiasme ini tidak luput dari perhatian Telkom dan Telkomsat, yang melihatnya sebagai peluang emas untuk memperkuat portofolio bisnis satelit mereka dan mendorong Indonesia lebih jauh ke dalam era digital," ungkap Lukman.

Setelah meluncur, satelit Merah Putih 2 akan melalui berbagai pengujian sebelum melayani para pelanggannya. Ditargetkan pada April 2024, satelit HTS Telkom itu dapat beroperasi.

"Keberhasilan peluncuran Merah Putih 2 ini nantinya akan menjadi bagian dari kiprah Telkom Indonesia dan Telkomsat dalam upaya mewujudkan visi akses internet merata di seluruh Indonesia, menghadirkan manfaat yang tak terhingga bagi masyarakat dan membuka jalan bagi kemajuan teknologi di negeri ini," pungkas Lukman. (**/red)