breaking news Baru

Paslon Rahmat - Jihan Resmi Daftar Ke KPU Di Pilgub Lampung 2024

Bandar Lampung, buanainformasi.tv - Pasangan Rahmat Mirzani Djausal-Jihan Nurlela resmi mendaftar ke KPU sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Lampung 2024. 

Keduanya diiringi ratusan relawan serta kader partai pengusung, Kamis (29/8/2024). 

Sesampainya di kantor KPU Lampung, Mirza-Jihan disambut berbagai atraksi, mulai barongsai, kuda lumping, ogoh-ogoh, serta rombongan berbaju adat.

Ketua KPU Lampung Erwan Bustami mengatakan, berkas pasangan Mirza-Jihan dinyatakan lengkap. 

"Sebelum melakukan seremonial, kami sudah melakukan pemeriksaan terkait dengan syarat pencalonan salinan keputusan tingkat pusat. Pemeriksaan sudah kami lakukan dan dinyatakan lengkap, sesuai, dan benar. Dengan begitu, pengajuan bakal calon gubernur dan wakil gubernur dapat kami terima," kata Erwan.

Sementara Mirza mengaku bersyukur berkasnya dinyatakan lengkap. 

"Alhamdulillah berkas dinyatakan lengkap. Selanjutnya kami akan memeriksa berkas terkait dengan teknisnya persiapan ke depan," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Mirza juga menyampaikan komitmen untuk memajukan Lampung jika terpilih sebagai gubernur. 

"Kami berdua bertekad, seandainya terpilih nanti, kami akan memajukan Lampung bersama-sama. Tentu saja partai-partai politik ini sangat penting dilibatkan," ucap Mirza.

"Kami ingin sinergi, kolaborasi, dan bekerja bersama-sama, bukan bekerja sendiri-sendiri dalam membangun Lampung selama lima tahun ke depan," tambahnya.

Selain itu, Mirza juga menyoroti berbagai permasalahan di Lampung yang dinilainya perlu dibenahi. 

"Kami ingin mengejar ketertinggalan di berbagai sektor dan ini menjadi prioritas utama kami selama lima tahun ke depan jika dipercaya oleh rakyat Lampung," pungkas Mirza.

Sementara, Jihan Nurlela dalam orasinya menyampaikan pentingnya peran perempuan dalam proses politik saat ini. 

Dia pun mengapresiasi Mirza yang telah mengajak dirinya sebagai perwakilan perempuan untuk mendampinginya di Pilgub Lampung 2024.

"Oleh karena itu, saya sebagai perempuan segera bersiap untuk membawa kemajuan untuk Lampung," kata Jihan.

Pasangan Mirza-Jihan menggelar deklarasi sebelum mendaftar ke KPU. Adapun deklarasi berlangsung di Graha Wangsa, Bandar Lampung, Kamis (29/8/2024).

Acara itu dihadiri perwakilan 12 partai pengusung Mirza-Jihan, yakni Gerindra, PKB, Golkar, NasDem, Demokrat, PAN, PKS, PPP, PSI, Partai Ummat, Prima, dan Partai Buruh. 

Tampak Ketua NasDem Lampung Herman HN dan Ketua PKB Lampung Chusnunia Chalim.

Hadir pula Sekretaris Golkar Lampung Ismet Roni, Ketua Demokrat Lampung Eddy Irawan Arief, Ketua PAN Lampung Irham Jafar Lan Putra, dan Ketua PKS Lampung Ahmad Mufti Salim.

Arinal Djunaidi, yang merupakan gubernur petahana sekaligus Ketua DPD I Partai Golkar Lampung, memastikan maju setelah mendapatkan rekomendasi dari PDIP. 

Sayangnya, tidak ada satu pun kader Golkar yang mengantarkan Arinal saat mendaftar ke KPU Lampung. 

Ia hanya ditemani sejumlah kader PDIP yang identik dengan warna merah.

Dalam konferensi pers, Arinal membenarkan dirinya maju Pilgub Lampung 2024 hanya bersama PDIP. 

"Secara formal, saya maju di PDIP. Berdasarkan aturan, PDIP sudah cukup. Tapi ke depan ada kemungkinan partai lain akan gabung bersama kami," kata Arinal.

Terkait statusnya di Golkar Lampung, Arinal mengaku saat ini masih menjadi ketua. 

"Sampai sekarang masih ketua Golkar. Kita ini warga Indonesia. bukan berarti saya ketua Golkar tidak boleh maju dari PDIP. Saya akan bersama-sama PDIP dan akan bersama-sama Golkar," sebut dia.

Ketua Bappilu PDIP Lampung Umar Ahmad mengatakan, alasan PDIP mengusung Arinal Djunaidi dan Sutono maju Pilkada 2024 merupakan hasil keputusan DPP.

"Dengan proses panjang, DPP menetapkan dukungan ke Pak Arinal dan Pak Sutono. Tentu ini sudah berdasarkan pertimbangan yang sangat matang. Kita tahu Pak Arinal petahana Gubernur Lampung dan Pak Sutono memiliki pengalaman panjang di birokrat. Keduanya memiliki pengalaman yang matang," kata Umar.

Sementara itu, Sekretaris DPD I Partai Golkar Lampung Ismet Roni menegaskan, seluruh kader harus patuh terhadap perintah DPP, termasuk soal arah dukungan di Pilgub Lampung 2024. 

Soal pencalonan Arinal Djunaidi yang diusung PDIP, ia menyebut itu merupakan hak politik individu setiap orang.

Namun, Ismet memastikan tak ada kader Golkar yang mendampingi Arinal Djunaidi saat mendaftar ke KPU. 

Pasalnya, Golkar sudah mengarahkan dukungan ke pasangan Rahmat Mirzani Djausal-Jihan Nurlela.

"DPP Golkar telah memutuskan mengusung Mirza-Jihan di Pilgub Lampung, jadi semua kader harus patuh," ungkap Ismet seusai mengantarkan pasangan Mirza-Jihan mendaftar di KPU Lampung, Kamis (29/8/2024).

Dia pun menegaskan, seluruh kader Golkar harus berjuang memenangkan alon yang diusung oleh partai. 

"Hari ini (kemarin) kita sudah mendaftarkan Mirza-Jihan ke KPU. Jadi seluruh keluarga Golkar harus mendukung calon gubernur yang diusung partai," jelas Ismet.

Ismet juga menyebut status Arinal masih Ketua DPD I Golkar Lampung. "Secara de facto dia masih ketua Golkar. Tapi ada proses (sanksi). Itu kewenangan DPP," kata dia lagi.(**/red)