breaking news Baru

Kemenkumham Provinsi Lampung Merayakan HUT Pengayoman Ke-79

Bandar Lampung, Buana Informasi TV – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Lampung rayakan Hari Ulang Tahun (HUT) pengayoman ke-79.

Peringatan Hari Pengayoman dilakukan diseluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM, termasuk di Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung yang menggelar upacara pada Senin (19/8/2024).

Adapun tema yang diusung Kakanwil Kemenkumham Lampung itu yakni, “Kemenkumham Mengabdi untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045.

Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung, Sorta Delima Lumban Tobing mengatakan, Hari Pengayoman menjadi hari yang istimewa dan memiliki makna yang penting di Kementerian Hukum dan HAM.

“Hari Pengayoman merupakan hari kelahiran Kementerian Hukum dan HAM. Pada tahun 2024 ini menjadi sejarah baru bagi Kemenkumham. Sebab, untuk pertama kali hari kelahiran Kemenkumham disebut dengan Hari Pengayoman, karena pada tahun-tahun sebelumnya disebut dengan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD),” kata Sorta kepada awak media.

“Pengayoman itu adalah lambang beringin yang memang sejak hadirnya Kementerian Hukum dan HAM lambang kita adalah mengayomi dari pohon beringin, hanya waktu itu karena kita masih bergabung dengan Mahkamah Agung kemudian Karya Dhika itu menjadi gabungan dari beberapa unsur atau fungsi dari Kemenkumham, setelah kita akhirnya khusus untuk Kementerian Hukum dan HAM maka kita membulatkan lagi nama pengayoman,” jelasnya.

Pada, momen Hari Pengayoman ke-79 Sorta berharap menjadi momentum agar pelayanan di Kanwil Kemenkumham Lampung semakin maju dan adaptif.

“Dengan kondisi kemajuan negeri kita sekarang ini yang berbasis teknologi, tentunya lebih cepat, lebih terbuka, lebih aspiratif, lebih akomodatif untuk masyarakat kita,” tuturnya.

Untuk mewujudkan pelayanan yang maksimal, Sorta juga menyatakan bahwa diperlukan dukungan dan sinergi dari semua pihak instansi terkait.

“Kita juga sangat perlu namanya bergandengan tangan dengan instansi-instansi terkait, terutama dengan APH (aparat penegak hukum) dengan adanya undang-undang yang baru.

Kita untuk bisa mengimplementasikan kita tidak sendirian dan harus bergan dengan tangan dengan seluruh jajaran yang terkait,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam perayaan hari Pengayoman ke-79 Kakwanwil Lampung juga melangsungkan berbagai acara perlombaan dan membagikan hadiah piala bergilir untuk kemenkumham tingkat Kabupaten/Kota di Lampung yang menang perlombaan.(**/red)