breaking news Baru

Mau Jadi Kawasan Ekonomi Khusus, BSD Diisi Kampus dari Luar Negeri

Nasional, buanainformasi.tv - Edutek Medika Internasional Banten yang berlokasi di Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang, Banten sebentar lagi menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Edutek Medika Internasional Banten telah disetujui sebagai KEK dan saat ini sedang menunggu peraturan pemerintah (PP).

Adapun rencana kegiatan usaha calon KEK ini mencakup riset, ekonomi digital dan pengembangan teknologi, pendidikan, dan industri kreatif.
Plt Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK, Rizal Edwin menerangkan, adapun anchor investor atau investor jangkar calon KEK ini adalah Monash University. Keberadaan KEK ini diharapkan menghadirkan kampus luar negeri yang berkualitas di Indonesia.

"Seperti yang saya sampaikan tadi, anchor investor yang utama adalah tadi Monash University. Dan karena dia juga ada tema pendidikan ya di dalamnya. Jadi bagaimana kita juga menghadirkan universitas dari luar negeri yang punya kualitas untuk bisa membuat buka cabang di Indonesia," katanya di kantornya, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Dia menambahkan, dengan keberadaan kampus luar negeri tersebut, anak-anak muda Indonesia tak perlu lagi kuliah di luar negeri.
"Sehingga kita juga nggak perlu anak-anak muda Indonesia nggak perlu luar negeri untuk sekolah. Mereka cukup datang ke Tangerang, ke BSD, untuk bisa sekolah di Monash," ungkapnya.
Ia menambahkan, King's College London akan dibuka juga di KEK Singhasari yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Ia berharap, banyak perguruan tinggi dari luar negeri dan berkualitas membuka cabangnya di Indonesia.
"Kemudian saat ini juga sedang dipersiapkan King's College London di KEK Singhasari. Dia akan buka cabang juga di sana, sehingga dengan demikian makin banyak, dengan makin banyaknya perguruan tinggi yang akan buka cabang di Indonesia tentunya kita punya kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas," paparnya. (**/red)