breaking news Baru

Polres Tulangbawang Bakal Menyasar 7 Pelanggaran ini Selama Menggelar Operasi Patuh Krakatau 2024

Tulangbawang, buanainformasi.tvPolres Tulangbawang, Polda Lampung bakal menyasar 7 pelanggaran ini selama menggelar Operasi Patuh Krakatau 2024.

Operasi Patuh Krakatau 2024 jajaran Polda Lampung berlangsung selama 14 hari mulai 15 Juli sampai 28 Juli 2024.

Merupakan operasi harkamtibmas di bidang lalu lintas dengan mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif dan humanis, serta didukung penegakkan hukum (gakkum).

"Satlantas Polres Tulangbawang menggelar Operasi Patuh Krakatau 2024 selama kurun waktu 14 hari," kata Kapolres AKBP James H Hutajulu, SIK, SH, MH, MIK, Senin (15/7/2024).

Kapolres menerangkan, pada pelaksanaannya, ada 7 pelanggaran yang menjadi prioritas penindakan yang akan dilakukan oleh Sat Lantas Polres Tulangbawang.

"Menggunakan handphone (HP) saat berkendara, pengemudi pengendara dibawah umur, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang," ucapnya.

"Juga tidak menggunakan helm SNI dan safety belt, berkendara dalam pengaruh konsumsi alkohol, pengendara yang melawan arus lalu lintas, dan berkendara melebihi batas kecepatan," imbuh perwira dengan melati dua dipundaknya.

Lanjutnya, Operasi Patuh Krakatau 2024 ini digelar bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, laka lantas, dan angka fatalitas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di Kabupaten Tulang Bawang yang berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur.

"Hasil analisa dan evaluasi (Anev) kamseltibcarlantas pada periode Januari s/d Juni 2024 yang masih banyak terjadi lakalantas, dan pada umumnya diawali dengan adanya pelanggaran lalu lintas di jalan raya, seta didominasi oleh kendaraan roda dua, sehingga perlu untuk dilaksanakan Operasi Patuh Krakatau 2024," papar perwira peraih Adhi Makayasa Akpol 2004.

AKBP James menambahkan, kepada seluruh personel yang terlibat langsung dalam pelaksanaan Operasi Patuh Krakatau 2024 untuk menghindari tutur kata/tindakan yang dapat merusak citra Polri di masyarakat, tingkatkan kewaspadaan dengan menerapkan buddy system, dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Operasi Patuh Krakatau 2024 digelar mengusung tema Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas, sebagai wujud pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan negara. (**/red)