breaking news Baru

Anggota KPPS Lapas Kelas IIB Kota Agung Mendapat Apresiasi Kakanwil Kemenkumham Lampung

Tanggamus, Buana Informasi TV -  Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Lapas Kelas IIB Kota Agung, Tanggamus, Lampung gunakan pakaian adat saat bertugas.

Penggunaan pakaian adat saat bertugas menjadi anggota KPPS yang dilakukan Lapas Kelas IIB Kota Agung Tanggamus ini mendapatkan apresiasi dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Lampung Sorta Delima Lumban Tobing.

Pada saat melakukan pemungutan suara, Sorta Delima Lumban Tobing menyambangi langsung Lapas Kelas IIB Kota Agung Tanggamus, Lampung.

Dirinya mengaku, sangat mengapresiasi kreativitas yang dimunculkan oleh petugas serta Kalapas Kelas IIB Kota Agung Tanggamus Andi Gunawan.

Sorta juga turut mengucapkan rasa syukur atas berjalannya dengan baik Pemilu 2024 di Lapas Kelas IIB Kota Agung Tanggamus.

"Karena di UPT lainnya di Lampung yang sudah saya tinjau sejak tadi pagi, baru di sini saya melihat kreativitas seperti ini," kata Sorta Delima Lumban Tobing, Rabu (14/2/2024).

Ia mengutarakan, dengan kreativitas yang ditunjukkan oleh Lapas Kelas IIB Kota Agung Tanggamus membuat suasan Lapas Kota Agung menjadi lebih santai.

Selain itu dirinya juga berpendapat, dengan menggunakan pakaian adat, ini juga sebagai wujud komitmen netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Lapas Kelas IIB Kota Agung.

Dirinya juga turut mengapresiasi seluruh UPT Kemenkumham yang ada di Provinsi Lampung.

Hal itu karena, seluruh UPT Kemenkumham di Provinsi Lampung sudah menjalankan tugasnya dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Sorta juga turut mengutarakan, proses Pemilu 2024 di seluruh UPT Kemenkumham Provinsi Lampung telah berjalan dengan transparan, jujur, dan adil.

"Sama sekali tidak ada intervensi apapun, semuanya transparan, karena juga semua unsur sektoral yang terlibat dalam pemungutan suara," tegasnya.

Ia mengungkapkan, semua saksi juga telah hadir dan mengawasi jalannya Pemilu 2024 dari awal hingga akhir.

Lanjut Sorta, untuk saat ini pemungutan suara telah menggunakan kecanggihan teknologi yang ada.

Sehingga untuk melakukan pemungutan suaranjyga dilakukan dengan siaran langsung di youtube.

"Apalagi dengan kemajuan teknologi, seluruh proses pemungutan suara sampai penghitungan juga ditayangkan live streaming di channel youtube," ucapnya.

Perlu diketahui, Lapas Kelas IIB Kota Agung Tanggamus merupakan salah satu tempat TPS khusus yang disiapkan oleh KPU Tanggamus.

Dimana, di Lapas Kelas IIB Kota Agung Tanggamus ini memiliki dua TPS yang berada yaitu TPS 901 dan TPS 902.

Untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lapas Kelas IIB Kota Agung kurang lebih sebanyak 223 orang.

Kemudian, untuk yang masuk ke dalam DPTb 230 orang ini sudah termasuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan petugas Lapas Kelas IIB Kota Agung Tanggamus. (**/red)