Prabowo Mendatangi SBY Untuk Meminta Doa Restu Sebelum Ke KPU

Nasional, Buana Informasi TV - Presiden RI Ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pagi ini menerima kedatangan calon presiden Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, di kediamannya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Kedatangan Prabowo itu untuk meminta doa restu SBY sebelum mendaftar capres-cawapres ke KPU bersama Gibran Rakabuming Raka.


"Maksud dan tujuan kedatangan Prabowo Subianto adalah untuk meminta doa restu dari SBY karena pada hari ini pula Capres Prabowo Subianto bersama pasangannya Cawapres Gibran Rakabuming Raka akan mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Koalisi Indonesia Maju," kata Wasekjen Partai Demokrat, Ossy Dermawan, melalui keterangan tertulis, Rabu (25/10/2023).


Ossy mengungkapkan pertemuan yang penuh kekeluargaan tersebut dilaksanakan di depan Perpustakaan SBY di Cikeas. Kedatangan Prabowo disebutnya disambut dengan hangat oleh SBY, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, hingga Andi A Mallarangeng. Ossy juga ikut menyambut Prabowo bersama SBY.

"Sejak Ketum AHY mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai Capres Partai Demokrat, Capres Prabowo memang kerap berdiskusi dan meminta pandangan SBY dan AHY dalam berbagai isu krusial. Kehadiran Capres Prabowo untuk meminta doa restu dari SBY di Cikeas sebelum deklarasi merupakan gestur dan etika politik yang sangat baik serta memberi tanda bahwa Capres Prabowo sangatlah menghargai SBY, AHY dan Partai Demokrat dalam Koalisi Indonesia Maju," tutur Sekretaris Pribadi SBY itu.

Ossy menuturkan sejak awal Prabowo memang sangat menghargai keberadaan SBY, AHY dan Partai Demokrat dalam koalisinya. Karena itu, SBY pun memberikan hormatnya kepada Prabowo.

"SBY baik dalam kapasitasnya sebagai Presiden RI ke-6 maupun sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat dan sahabat Capres Prabowo Subianto juga memberikan respect kepada Prabowo Subianto dan selalu menghormati serta menjunjung tinggi kedaulatan dan kemandirian Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden untuk mengambil keputusan yang strategis termasuk dalam menentukan Calon Wakil Presiden yang akan menjadi pasangannya dalam Pilpres 2024 mendatang," papar dia.

Ossy mengungkapkan pertemuan Prabowo dan SBY itu berlangsung dengan cepat. Sebab, setelah pertemuan dengan SBY, Prabowo bergegas menuju tempat deklarasi di Indonesia Arena sebelum melaksanakan pendaftaran di KPU yang direncanakan pada pukul. 10.00 WIB.

Melalui keterangan tertulis tersebut, SBY mengaku memang harus menghormati kedaulatan Prabowo sebagai capres. Menurut SBY, hal yang sama juga dilakukannya saat dua kali maju sebagai capres.

"Saya memang harus menghormati kedaulatan Pak Prabowo sebagai Capres dalam mengambil keputusan-keputusan yang sangat penting. Dulu, waktu dua kali saya menjadi Capres, saya juga melakukan hal yang sama. Yang paling berkepentingan untuk sukses dalam kontestasi pemilihan presiden ya calon presiden sendiri, bukan orang lain," kata SBY. (**/red)