Stefano Lilipaly kembali diabaikan Shin Tae-yong ke Timnas

Nasional,Buana Informasi TV - Pemain Borneo FC Samarinda yang tengah on-fire Stefano Lilipaly harus menerima kenyataan pahit. Ia kembali diabaikan oleh Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.
Nama Lilipaly tidak masuk dalam daftar 27 pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Garuda akan dua kali memainkan laga tandang melawan Irak dan Filipina pada 16 dan 21 November.

Nama-nama 27 pemain ini diumumkan PSSI pada, Kamis (2/11/2023). Sebelumnya, Lilipaly sangat dijagokan publik sepakbola, sebagaimana ramai di media sosial, karena penampilan apiknya bersama Borneo di Liga 1 2023/24.




Bicara kontribusinya buat Borneo, Lilipaly sudah mencetak sembilan gol yang membuatnya sebagai pemain lokal tersubur musim ini. Tak cuma pandai merobek jala lawan, ia juga memuncaki daftar pemberi assist terbanyak sebanyak delapan kali.

Jika dikerucutkan lagi, empat gol dan satu assist-nya dicatat Stefano Lilipaly sepanjang Bulan Oktober. Sebuah catatan luar biasa yang normalnya berbuah panggilan Timnas Indonesia.



Terakhir kali Lilipaly perkuat Timnas Indonesia terjadi saat uji coba melawan Turkmenistan pada awal September. Ia menyumbang satu assist dalam laga yang dimenangi Garuda 2-0 itu.

Setelahnya Timnas Indonesia menjalani dua laga babak pertama melawan Brunei Darussalam yang digelar dua leg. Untuk laga tersebut nama Lilipaly sudah tak disertakan.

Apa yang dialami Stefano Lilipaly saat ini mirip-mirip dengan Ilija Spasojevic tahun lalu. Striker Bali United itu juga kerap diabaikan meski sedang tajam-tajamnya bersama klub.

Ketimbang memanggil pemain yang sedang oke, Shin Tae-yong kerap memilih pemain-pemain yang performanya di bawah pemain terabaikan. Pada kesempatan kali ini Shin Tae-yong lebih memilih Yakob Sayuri, pemain PSM Makassar yang sedang cedera dan belum pernah merumput sejak 28 Agustus 2023.(**red/)