breaking news Baru

Atlet menembak Muhammad Sejahtera Ukir Sejarah Bagi Indonesia di Asian Games 2023

Nasional, Buana Informasi TV - Atlet menembak Muhammad Sejahtera Dwi Putra berambisi tampil di Olimpiade usai mengukir sejarah bagi Indonesia di Asian Games 2023. Sayangnya, kans itu nyaris tidak ada. Kenapa?
Tera, begitu ia akrab disapa telah tiba di Tanah Air pada Senin (2/10/2023) malam. Ia membawa dua medali emas dan dua medali perunggu yang sukses diraihnya pada multievent Asian Games 2023 di Hangzhou.

Medali-medali itu berasal dari nomor shooting-10m running target men, 10m running target mixed run men, running target team men, dan 10m running target mixed team men.

Tera mengaku bersyukur atas capaian yang telah ia raih. Menurutnya, hasil ini tak lepas dari proses latihan yang keras juga dukungan dari PB Perbakin, secara khusus Ketua Umum Joni Supriyanto, yang telah memberikan fasilitas lebih sehingga ia dan rekan-rekannya dapat merebut empat medali.

Namun, setelah Asian Games, Tera ternyata memiliki mimpi yang lebih tinggi. Petembak berusia 26 tahun itu berambisi mengukir sejarah di Olimpiade mendatang.

Akan tetapi, mimpi itu tidak bisa ia lakukan dalam waktu dekat. Sebab, nomor spesialisnya tak dipertandingkan di Olimpiade 2024 di Paris.

Pada tahun depan, menembak hanya mempertandingkan nomor rifle (50m rifle three positions men dan women, 10m air rifle men, women, mixed), pistol (25m pistol women, 25m rapid fire pistol men, 10m air pistol men, women, dan mixed), serta shotgun (trap men dan women, serta skeet men, women, dan mixed).

"Target cita-cita atlet memang Olimpiade. Ya, mudah-mudahan dipertandingkan (pada Olimpiade mendatang)," kata Tera kepada pewarta.

Adapun cabang olahraga menembak nomor 10m running target putra terakhir kali dipertandingkan pada Olimpiade 2004 di Athena. Setelah itu, nomor tersebut ditiadakan.

"Ada rencana (ganti nomor) tapi saya kurang mengerti, saya perlu berkonsultasi dengan pelatih lebih dulu seperti bagaimana baiknya," ujar Tera soal peluang mengganti nomor.

Sambil menunggu hal itu, Tera pun akan terus melakukan latihan. Sebab, dalam waktu dekat ia akan mengikuti Asian Shooting Championships di Changwon, Korea Selatan, pada 22 Oktober sampai 2 November 2023.
"Insyaallah tanding di sana. Targetnya juara," kata Tera.

Sementara itu, Masruri, pelatih tim menembak Indonesia menyebut peluang untuk Sejahtera mengganti nomor sangat tidak mungkin. Sebab, dasarnya berbeda dengan nomor-nomor lain.

"Enggak, kita enggak mungkin. Sebab, basicnya berbeda-beda. Tulang yang kita bentuk berbeda-beda. Artinya kami berharap di Olimpiade yang akan datang ada dipertandingkan (nomor running target)," kata Masruri dalam kesempatan yang sama.

Meski begitu, Masruri mengatakan, saat ini Asian Shooting Confederation (AFC) dan Eropa sedang diupayakan agar nomor running target dapat dipertandingkan di Olimpiade lagi. Terlebih, running target sendiri sedianya nomor potensi untuk ke depannya.

"Ya, kami sering ikut juga (ke pertandingan). Tapi tahun ini memang kebetulan pasca covid, dan di Eropa kejuaraannya sedikit. Jadi awal Januari tahun depan baru kelihatan jadwal lengkapnya," Masruri menandaskan. (**/red)