breaking news Baru

Jokowi Menjamin Harga BBM Tidak Naik Dalam Waktu Dekat

Nasional, Buana Informasi TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin harga BBM tidak akan naik dalam waktu dekat. Sebelumnya, pemerintah juga telah menyatakan, harga BBM subsidi dan non subsidi tidak akan naik hingga Juni 2024.


Merespons hal tersebut, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Pertamina merupakan perusahaan pelat merah yang dimiliki negara. Dia bilang, peran BUMN tidak hanya mengejar keuntungan tapi juga mengikuti arahan dan kebijakan pemerintah.

"Pertamina sebagai BUMN, artinya milik negara dan tentu akan menjalankan sesuai arahan dan kebijakan pemerintah. Di sini peran BUMN, bukan hanya mengejar profit semata namun juga bersama-sama pemerintah menjaga kestabilan harga untuk masyarakat," katanya, Senin (4/3/2024).


Sebelumnya, Jokowi menjamin harga BBM tidak akan naik dalam waktu dekat. Kabarnya, hal ini ditentukan dalam rapat internal terbatas yang dipimpin Jokowi pagi ini.


Awalnya ketika dikonfirmasi soal hasil rapat tersebut Jokowi menyatakan hasil rapat akan disampaikan oleh Menteri Koordinator terkait dan Pertamina.


"Soal BBM nanti biar pak Menko yang sampaikan, atau dari Pertamina yang sampaikan," ungkap Jokowi saat melakukan konferensi pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah, Senin (4/3).


Ketika dikonfirmasi kembali apakah ada kenaikan harga BBM, Jokowi tegas menyatakan tidak ada. Hanya saja soal penjelasannya dia meminta Pertamina yang menjabarkan.


Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan tarif bahan bakar minyak (BBM) Pertamina tidak naik sampai Juni 2024. Kebijakan ini berlaku baik untuk yang bersubsidi maupun non subsidi. Hal ini sudah diputuskan dalam rapat kabinet yang dipimpin Jokowi pada Senin 26 Februari lalu.


"Tadi diputuskan dalam sidang kabinet paripurna (yang dipimpin Presiden Jokowi) tidak ada kenaikan listrik, tidak ada kenaikan BBM sampai Juni (2024) baik itu yang subsidi maupun non subsidi," kata Airlangga kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (26/2). (**/red)