breaking news Baru

BPBD Kabupaten Pesawaran Imbau Masyarakat Terhadap Cuaca Elstrem 2 Hari Kedepan

Pesawaran, Buana Informasi TV - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesawaran imbau masyarakat Bumi Andan Jejama terhadap cuaca ekstrem.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pesawaran, Sopyan Agani pada Senin (10/7/2023).

 

Gani menjelaskan, imbauan cuaca ekstrem di Pesawaran tersebut berdasarkan imbauan dari BMKG Lampung. Imbauan tersebut diupdate sejak dimulai pagi hari ini sampai dua hari ke depan.

Gani mengatakan, pada cuaca pada hari ini masyarakat patut mewaspadai hujan disertai dengan petir dan angin kencang. “Bahkan hujan sudah terjadi sejak pagi sampai siang hari ini,” tutur Gani.

 

Kemudian untuk besok dan lusa, hujan dengan intesitas tinggi disertai angin kencang masih terjadi. Oleh karenanya, Gani meminta kepada masyarat Pesawaran agar hati-hati terlebih lagi di wilayah yang rentan dengan bencana.

Menurut Gani, Pesawaran memiliki potensi bencana dapat memperhatikan lingkungan sekitar. Rentan bencana yang sering terjadi di Pesawaran, antara lain banjir dan juga tanah longsor.

Sementara untuk di daerah pesisir, lanjut dirinya juga memiliki potensi bencana banjir rob. Kemudian, juga cuaca pesisir di Pesawaran juga diharapkan untuk diwaspadai oleh para nelayan.

“Nelayan diharapkan untuk berhati-hati dan melengkapi keselamatan dalam melaut,” terang Gani. Lanjut Gani, dirinya saat ini melakukan koordinasi ke grup desa tangguh bencana Kabupaten Pesawaran.

“Kalau untuk meningkatkan kewaspadaan secara umum sudah dishare melalui group desa tangguh,” pungkasnya. (**/red)