breaking news Baru

KPU Lampung Tengah Harapkan Sinergitas Dengan Media Jelang Pilkada

 Lampung Tengah, buanainformasi.tv - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Lampung Tengah mengharapkan adanya sinergitas dengan media.

Hal tersebut berkenaan dengan momentum menjelang Pilkada Lampung Tengah pada 27 November 2024.

Ketua KPU Lampung Tengah Irawan Indra Jaya mengatakan, sejauh ini hubungan antara KPU dengan media secara personal maupun kelembagaan cukup bagus.

Meski demikian, kata dia, hubungan baik ini harus ditingkatkan supaya masyarakat tercukupi kebutuhan informasi menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Tengah 2024-2029.

"Menurut saya penting, kalau memang memungkinkan sebelum Pilkada ini 2 sampai 3 kali akan diadakan pertemuan dengan media seperti sekarang ini untuk membangun trust," katanya usai kegiatan sinergitas media bersama KPU, Jumat (6/9/2024).

Irawan menilai, sinergitas penyelenggara pemilu dengan media harus dibangun untuk menjamin transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi. 

Diapun menilai, peran media secara profesional, independen, dan berimbang dapat memberikan informasi yang akurat dan mendorong partisipasi pemilih yang cerdas.

Sebab, katanya, Pilkada bukan milik pihak penyelenggara saja, justru menjadi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat untuk mengawal dan memberikan hak suaranya.

"Dengan persiapan yang dilakukan KPU dan informasi yang berimbang dari media, dihadapkan mampu menciptakan Pilkada 2024 Lampung Tengah yang berintegritas dan hasilnya diterima oleh masyarakat," katanya.

Selain itu, lanjut Irawan, komisioner KPU yang bertugas saat ini hanya akan bertahan sampai tanggal 21 November mendatang.

Sebab, kata dia, masa tugas komisioner akan berakhir pada tanggal tersebut.

Selebihnya, akan dilanjutkan oleh komisioner baru yang terpilih untuk periode 2024-2029.

"Untuk transisi ini mudah-mudahan tidak ada kendala karena sudah kita persiapkan, lebih lanjut tinggal membangun komunikasi dan sinergitas kepada media," katanya. (**/red)