breaking news Baru

PJ Gubernur Bangga Saat Busana Adat Lampung Terpilih Menjadi Busana Terbaik

Bandar Lampung, buanainformasi.tv - Penjabat Gubernur Lampung, Samsudin bangga busana adat Lampung terpilih menjadi salah satu busana terbaik saat upacara peringatan detik-detik proklamasi dalam rangka HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Menurutnya busana adat Lampung bukan sekadar pakaian, melainkan sebuah simbol identitas bagi masyarakat Lampung.

"Busana adat Lampung bukan hanya sebuah pakaian, melainkan simbol identitas dan kebanggaan masyarakat kita. Saya sangat bangga melihat busana adat Lampung mendapat penghargaan sebagai yang terbaik," ujar Samsudin.

Dia pun lantas mengajak masyarakat Lampung untuk lebih mencintai dan bangga pada Kota Tapis Berseri termasuk dengan pakaian adatnya.

"Mari kita lebih mencintai dan bangga mengenakan busana adat Lampung," sambungnya.

Diketahui, baju adat Lampung terpilih sebagai salah satu pemenang dari tujuh pemenang busana adat terbaik di momen detik-detik proklamasi dalam upacara HUT ke-79 RI di IKN.

Dilansir dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, proses penilaian busana dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Sekretariat Presiden. 

Penilaian dilakukan berdasarkan elemen tradisional pakaian yang diadaptasi dengan cara yang segar dan relevan serta sesuai dengan tren kontemporer yang mempertimbangkan bahan tradisional dan modern secara efektif.

Pemenang Gelar busana adat terbaik itu diraih tamu undangan atas nama Dona Chandra Ginting, Muaipah Yuliana, Abi Manyu Arlindiato, Lilis Suriani, Edi Sofyan, Uswatun Hasanah, dan Ibu Lanyala Mataliti.

Di antara ketujuh pemenang tersebut adalah Abi Manyu Arlindiato dan drg. Uswatun Hasanah yang mengenakan baju adat asal Lampung.

Uswatun sendiri mengaku memilih pakaian adat tersebut karena terinspirasi dari pakaian adat Presiden Joko Widodo pada perhelatan HUT Ke-77 RI yang juga mengenakan pakaian adat Lampung.(**/red)