breaking news Baru

Menyambut HUT RI Ke-79 Pemkab Lampung Timur Bagikan Bendera Gratis Kepada Warga

Lampung Timur, Buana Informasi TV - Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Lampung Timur akan membagikan bendera gratis kepada warga dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

Kepada Badan Kesatuan Bangsa, dan Politik (Kesbangpol) Lampung Timur, Syahrul Syah mengatakan, pembagian bendera kepada masyarakat itu merupakan gerakan nasional yang diakomodir oleh Pemkab Lampung Timur.

Bendera merah putih yang dibagikan Pemkab Lampung Timur tersebut bersumber dari sumbangan pengusaha, OPD, dan lain-lain.

"Jadi pembagian terus berjalan selama Agustus ini. Kita sudah bagikan sebanyak 700 bendera dan akan terus berjalan," kata dia, Minggu (4/8/2024).

Ia menuturkan, pembagian bendera merah putih gratis kepada masyarakat itu diharapkan dapat membuat masyarakat sadar bahwa menjaga identitas bangsa merupakan hal yang penting.

Sehingga, pembagian bendera merah putih gratis tersebut juga dapat menciptakan kesadaran kolektif di masyarakat untuk cinta tanah air.

"Kami percaya bahwa melalui gerakan ini bisa bangkit kembali. Kami juga ingin seluruh warga Lamtim bangga," paparnya

"Ini bukan hanya tentang memberikan bendera, tetapi juga tentang mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda kita," tukasnya.

Sementara, Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan Pemkab Lampung Timur, Suwanto, menjelaskan,  penghayatan masyarakat terhadap simbol merah putih saat ini dinilai sudah mulai memudar di masyarakat.

Suwanto menambahkan, persoalan ini ditengarai karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap arti, dan makna bendera Merah Putih.

"Bendera tersebut diperjuangkan dengan tetesan air mata, darah, dan nyawa dalam merebut serta mempertahankan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia," kata Suwanto.

"Terutama dalam memupuk jiwa nasionalisme dan patriotisme," kata dia. (**/red)