breaking news Baru

Tencent Games Siapkan Rp 35 Miliar Bangun Esports Honor of Kings di RI

Nasional, buanainformasi.tv - Tencent Games Indonesia membeberkan besaran uang yang sudah disiapkan untuk menggelar turnamen esports Honor of Kings di Indonesia. Jumlahnya sangat banyak mencapai Rp 35 miliar.

"Mungkin dengan turnamen dan keterlibatan tim-tim profesional ya. Kalau bisa kita hitung itu sekitar Rp 35 miliar keseluruhan. Untuk satu tahun (2024-red)," ungkap Country Manager Level Infinite Indonesia, Agung Chaniago, di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Turnamen yang dimaksud ialah HOK Campus Championship, HOK Indonesia Open Series, HOK Tournaments, Third Party Tournament, dan Indonesia Qualifier Road to KIC 2024. Semua acara tersebut digelar pada tahun 2024.

Indonesia Qualifier Road to KIC 2024 merupakan jembatan menuju KIC tingkat global. Sebab pada dasarnya ini merupakan kompetisi internasional Honor of Kings, yang diadakan satu kali setiap tahunnya.
"Jadi ini adalah puncaknya lah turnamen dari tim-tim HOK terbaik dari seluruh dunia. Sedangkan yang akan kita tanding ini road to KIC," jelas Agung.

Agung mengatakan bahwa Road to KIC ini mempertemukan tim profesional, komunitas, dan user terbaik yang ada di Indonesia. Nah sebelum bisa ikutan di Road to KIC, seluruh partisipan wajib melakukan kualifikasi di Open Series Indonesia dan HOK Indonesia City Tournaments. Sedangkan tim profesional masuk dari jalur undangan.

Dari Open Series Indonesia, Agung menyampaikan hanya menyediakan dua slot saja. Hal ini juga berlaku bagi tim-tim yang berjuang di HOK Indonesia City Tournaments.
Nantinya keempat tim itu bergabung dengan delapan tim profesional undangan, untuk bertarung di babak group stage Indonesia Qualifier Road to KIC 2024. Di sini hanya dicari delapan tim terbaik yang akan tampil di playoff.

"Untuk slotnya (menuju KIC global) kita belum confirm, tapi kemungkinan akan lebih dari satu," kata Agung.
Sayangnya Agung belum bisa memberikan gambaran berapa kisaran hadiah yang didapatkan peserta Rod to KIC, terutama bagi mereka yang meraih juara pertama. Alasannya sendiri karena sebenarnya turnamen ini merupakan bentuk kualifikasi sebelum menuju KIC global.

"Kalau untuk hadiah belum mempersiapkan, karena kan ini jatuhnya lebih ke kualifikasi global, cuma mungkin nanti kita akan persiapkan prize poolnya," ujar Agung.
"Untuk hadiah pasti kita kasih semua tim yang masuk ke playoff sih. Group stage mungkin kita kasih lah," tambahnya.

Road to KIC dihelat pada bulan Agustus - September 2024. Sementara HOK Indonesia City Tournaments baru akan membuka pendaftaran pada 29 Juli 2024.
HOK Indonesia City Tournaments sudah membuka pendaftaran dari tanggal 22-29 Juli 2024 di 32 kota. Babak kualifikasinya dimulai tanggal 2-4 Agustus 2024.

Sedangkan kualifikasi online dibuka pada 29-31 Juli 2024. Untuk babak kualifikasinya juga dimulai pada 2-4 Agustus 2024. Kemudian empat tim terbaik dari kualifikasi online dan offline bertanding dua slot menuju main event dari 10-11 Agustus 2024. (**/red)