breaking news Baru

Atlet Jepang Bakal Dibekali Seragam Khusus Mirip Dengan Pesawat Siluman

Nasional, buanainformasi.tv - Atlet Jepang yang berlaga di Olimpiade Paris 2024 bakal dibekali seragam khusus saat berkompetisi. Pakaian tersebut menggunakan kain baru yang dapat menyerap sinar inframerah dengan lebih baik.

Ini mirip dengan pesawat siluman yang menghindari deteksi dengan membelokkan sinyal radar menjauh dari detektor. Nah nantinya kain menyerap dan mencegah cahaya inframerah mencapai kamera dengan sensor inframerah.

Penggunaan material baru ini tidak terlepas dari keluhan atlet Negeri Sakura pada 2020 silam ke Komite Olimpiade Jepang. Mereka mendapati foto-foto payudara dan tubuh bagian bawahnya beredar luas di internet. Foto tersebut diduga diambil dari kamera infrared.

Sejak saat itu, produsen peralatan Jepang Mizuno coba mengembangkan kain baru untuk seragam atletik sekaligus mencegah foto inframerah menampilkan pakaian dalam atau bahkan tubuh atlet. Diproduksi dalam kolaborasi dengan produsen Sumitomo Metal Mining dan Kyodo Printing, kain baru ini menggabungkan bahan penyerap cahaya dalam rentang inframerah.

Dalam eksperimen yang dibagikan oleh Mizuno, huruf C hitam yang dicetak di bawah lapisan kain seragam permainan yang mampu penyerap inframerah. Saat difoto menggunakan kamera infrared, huruf C hitam hampir seluruhnya dikaburkan.

Mei Kodama, atlet yang sempat lomba 4x100 meter di Tokyo Games pada tahun 2021, menguji pakaian yang terbuat dari bahan baru dan menemukannya "lebih nyaman dari yang (dia) pikirkan". Pun begitu beberapa atlet menyampaikan kekhawatiran tentang panas ekstrem selama Olimpiade Paris berlangsung.

Karena itu Mizuno tengah putar otak agar seragam dapat menyeimbangkan antara melindungi privasi atlet namun tetap sejuk dan nyaman saat dikenakan, demikian dilansir dari Le Monde. (**/red)