breaking news Baru

Polres Lampung Barat Melakukan Fogging Di Pemukiman Warga

Lampung Barat, Buana Informasi TV - Polres Lampung Barat bersama Diskes melakukan fogging pada permukiman warga yang dinilai rawan penyebaran penyakit DBD.

Penyemprotan fogging itu dilaksanakan Polres Lampung Barat guna mencegah penyebaran DBD yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Kapolres Lampung Barat, AKBP Ryky Widya Muharam mengatakan, saat ini penyakit DBD mulai merambah di Indonesia terkhusus wilayah Lampung.

“Untuk itu fogging ini manjadi langkah pencegahan penyebaran DBD akibat nyamuk yang hidup di daerah tropis dan subtropis,” ujarnya, Minggu (28/4/2024).

“Kemarin kita sudah fogging pemukiman warga Kelurahan Tugu Sari, Kecamatan Sumber Jaya, Lampung Barat,” terusnya.

Menurut Kapolres Ryky, pencegahan yang telah dilakukan itu adalah tindakan pengasapan dengan bahan Insektisida Malation.

Tujuannya yaitu untuk membunuh nyamuk khususnya nyamuk pembawa penyakit DBD yang mulai meresahkan tersebut.

Ia memastikan, kegiatan pencegahan penyakir DBD ini akan dilakukan secara serentak pada wilayah atau kecamatan lain di Lampung Barat.

“Tentunya kegiatan ini nantinya akan kami lakukan serentak di kecamatan lainnya dengan berkordinasi dengan Diskes,” kata dia.

“Karena wabah penyakit DBD saat ini cukup menyita perhatian kita semua khususnya di wilayah Lampung,” sambungnya.

Selain itu, lanjutnya Kapolres, ia juga mengingatkan warga jika kegiatan fogging hanyalah salah satu langkah pencegahan untuk membunuh nyamuk dewasa.

Sedangkan untuk telur, larva dan jentik, pencegahan hanya efektif dengan tindakan 3M (menguras, menutup dan mendaur ulang).

“Dalam pencegahan dan penanganan DBD ini, masyarakat juga haru berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan,” jelasnya.

“Yakni dengan menerapkan pola hidup sehat contohnya seperti 3M. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak menjadi sarang nyamuk,” tambahnya.

Ia menjelaskan, cuaca yang tiba-tiba hujan dan panas tidak menutup kemungkinan juga menjadi faktor rentannya penularan penyakit DBD.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat juga dapat memperhatikan kesehatan masing-masing.

“Untuk itu kami mengimbau untuk masyarakat tetap menjaga kesehatan dan mencukupi kebutuhan gizi yang baik,” imbaunya.

“Bila perlu juga mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit,” pungkasnya. (**/red)