Polisi Membubarkan Aksi Pungli Yang Berpura Pura Mengatur Jalan

Lampung Tengah, Buana Informasi TV - Anggota Polsek Gunung Sugih Aipda Akuan dan Unit Reskrim memasang garis polisi atau police line di lubang yang ada di tengah jalan.

Akuan juga membubarkan kawanan preman yang diduga kerap melakukan aksi pungli berkedok atur jalan di ruas Kecamatan Kotagajah - Gunung Sugih tersebut.

Kapolsek Gunung Sugih AKP Wawan Budiharto mengatakan, penertiban itu berlokasi di Kampung Buyut Udik, Kecamatan Kotagajah.

"Personel kami meluncur ke sana setelah menerima laporan warga ada dugaan pungutan liar (pungli) berkedok atur jalan," katanya, Senin (15/4/2024).

Wawan melanjutkan, personel yang turun ke lokasi dipimpin Aipda Akuan beserta anggota Reskrim Polsek Gunung Sugih.

Dia menyebut, setibanya di TKP, anggota membubarkan sejumlah preman yang diduga melakukan aksi pungli.

Kapolsek menuturkan, di lokasi memang terdapat lubang yang ada di tengah jalan.

Namun, katanya, adanya kerusakan di jalan itu justru sering dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab untuk minta uang kepada pengendara yang lewat.

"Kita sudah pasang garis polisi, selanjutnya kita akan patroli untuk memastikan ruas jalan tersebut bebas pungli," ujarnya.

Wawan menambahkan, apabila dikemudian hari kembali ditemukan aksi premanisme di sana pelaku akan digulung dan ditindak sesuai aturan yang berlaku.

Diapun meminta kerjasama masyarakat dan pengguna jalan, segera laporkan apabila menjadi korban atau melihat aksi serupa di jalan raya. 

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk segera melapor bila terjadi aksi pungli jalanan, Polsek Gunung Sugih tidak akan segan menindak aksi para pelaku,” tandasnya. (**/red)