breaking news Baru

Pemerintah Baru Program Prabowo-Gibran Mudahkan Pendaftaran Produk Susu

Nasional, Buana Informasi TV - Pemerintah sedang melakukan deregulasi yang menekankan mekanisme kemudahan untuk pendaftaran produk susu dan turunannya. Hal ini untuk mendukung naiknya permintaan produk susu dan turunannya karena ada program susu gratis untuk siswa besutan pemerintah baru Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat bertemu Menteri Perdagangan Inggris The Rt. Hon. Greg Hands MP di Kantor Departemen Bisnis dan Perdagangan London, Inggris.

"Menko Airlangga menegaskan Indonesia tengah melakukan deregulasi yang menekankan mekanisme lebih mudah untuk pendaftaran produk susu dan turunannya. Upaya ini untuk mendukung naiknya permintaan produk susu dan turunannya dengan program pemerintah baru, yakni susu gratis untuk siswa," tulis keterangan resmi Kemenko Perekonomian, Selasa (30/4/2024).


Menteri Greg pun mengharapkan perdagangan produk susu dan turunannya dalam kerangka JETCO (Joint Economic and Trade Commission) yang masih dirasakan masalah dalam pendaftaran karena membutuhkan waktu lama, selain penerapan Sanitary and Phytosanitary (SPS).

Sebagai informasi, hubungan dekat kedua negara ditandai dengan JETCO atau kesepakatan komite bersama ekonomi dan perdagangan yang saat ini bermitra dalam 3 sektor kelompok kerja. Airlangga mengharapkan JETCO segera menghasilkan hasil-hasil yang konkrit antara lain di bidang energi dan ekonomi digital.


Dalam pertemuan itu, Airlangga juga menyampaikan dampak penerapan aturan uji tuntas (due dilligence) Inggris bagi produk kelapa sawit Indonesia, serta mengharapkan perlakuan aturan yang adil. Saat ini Indonesia menyuarakan ketidaksetujuan penerapan kebijakan Uni Eropa terhadap produk keberlanjutan. Indonesia dengan Malaysia mengupayakan pengelolaan soal aturan produk keberlanjutan.

Kedua menteri juga membahas gagasan kerja sama perdagangan bebas, aksesi Indonesia sebagai anggota OECD dan kerja sama regional. Indonesia menyatakan siap membuka perdagangan bebas dengan Inggris.

Menanggapi gagasan ini, Menteri Greg menimbang penting masuknya Indonesia ke dalam CPTPP di mana Inggris baru saja bergabung.

Perutusan khusus Perdana Menteri Inggris untuk Indonesia, Richard Graham membahas kerja sama produksi mineral penting untuk mendorong industri baterai.

Mengakhiri pertemuan, Menteri Greg mengajak Menko Airlangga melihat tempat penyimpanan peta dunia ketika Churchill mengatur strategi perang dunia. (**/red)