breaking news Baru

Pihal BUMN Pastikan Pasokan Sembako Ramadhan-Idul Fitri 2024 di Lampung Aman

Bandar Lampung, Buana Informasi TV - Tim BUMN yang terdiri dari PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau ID FOOD, Holding BUMN Pangan mengunjungi Pasar Rakyat Wayhalim di Bandar Lampung, Kamis (7/3/2024).

Dalam kunjungannya itu, pihak BUMN menyatakan siap untuk memenuhi ketersediaan sembilan bahan pokok ( sembako ) pangan di bulan Ramadhan sampai hari raya Idul Fitri 2024.

Terkait ketersediaan sembako, pihaknya akan mengelolanya dalam bentuk penugasan pada sembilan komoditas penting, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 125 tahun 2022.

Sehingga Tim BUMN tersebut memastikan pasokan sembako saat Ramadhan dan Idul Fitri tersedia dan terjaga alias aman.

"Sembilan bahan pokok itu komoditas yang sekarang sedang mengalami kenaikan harga seperti telur dan daging ayam, lalu daging ruminansia, daging unggas, cabai, ikan, bawang putih, gula, minyak goreng dan bawang merah.

Dipastikan ketersediaannya ada untuk Ramadhan dan Idul Fitri," kata Frans Marganda Tambunan dalam kunjungan kerja Komisi IV DPR RI di Pasar Rakyat Way Halim Bandar Lampung, Kamis (7/3/2024).

Guna mempersiapkan konsumsi masyarakat, lanjutnya, pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2024 minyak goreng telah disiapkan sebanyak 5 juta liter.

Sedangkan sapi hidup sebanyak 20 ribu ekor dimana sekitar 5.000 ekor akan datang sebelum Idul Fitri.

"Kami berharap dengan kedatangan 4 ribu ekor sapi sebelum Idul Fitri bisa menjaga konsumsi, dan harapannya ada diskresi agar sapi ini tidak perlu digemukkan selama 100 hari tapi bisa langsung dipotong," ujarnya.

Harapan tersebut muncul meski terdapat beberapa komoditas yang masih menunggu kedatangan pasokan seperti cabai dari daerah penghasil yang mengalami surplus ke daerah yang kekurangan pasokan.

Kemudian kembali diyakinkan olehnya, kesiapan ketersediaan pasokan pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri semuanya dipastikan aman.

"Mohon dukungannya dalam pelaksanaan penugasan pangan untuk menjaga stabilitas serta pasokan bahan pangan bagi masyarakat," tutupnya. (**/red)