breaking news Baru

Para Pemimpin Negara Ucapkan Selamat Pada Prabowo

Nasional, Buana Informasi TV - Ucapan selamat dari para pemimpin negara berdatangan untuk calon presiden (capres) Prabowo Subianto yang memimpin dalam penghitungan suara pemilihan presiden Indonesia.

Hari Jumat (16/2) ini, Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte mengucapkan selamat ke Prabowo.

"Saya ucapkan selamat Prabowo Subianto atas proyeksi hasil Pemilu Indonesia kemarin," ujar Mark Rutte dalam akun X seperti dilihat, Jumat (16/2/2024).

Mark Rutte pun menyampaikan harapannya kepada Prabowo. Dia berharap Indonesia-Belanda ke depannya terus menjadi negara sahabat yang saling menguatkan.
"Saya berharap ke depannya dapat terus mengembangkan persahabatan dan ikatan yang kuat antara kedua negara kita," katanya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese juga telah berbicara dengan Prabowo melalui telepon dan memberikan ucapan selamat atas keunggulannya dalam pemilu.

"Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang berbicara hari ini dengan @prabowo, yang memiliki keunggulan jelas dalam penghitungan resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi saya untuk masa depan hubungan Australia - Indonesia," tulis Albanese dalam postingan di X, Jumat (16/2/2024).

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong juga ikut mengucapkan selamat kepada Prabowo.

Dilansir media Singapura, Channel News Asia, Sekretaris Pers Kantor PM Singapura Chang Li Lin mengatakan bahwa PM Lee telah mengucapkan selamat kepada Prabowo atas prestasi gemilangnya dalam pemilu di Indonesia.

Chang mengungkapkan, PM Lee telah berbicara langsung dengan Prabowo dan membahas pentingnya menjaga hubungan bilateral yang kuat dan positif antara kedua negara. Mereka juga sepakat mengenai perlunya mengidentifikasi bidang-bidang baru untuk kerja sama yang saling menguntungkan.

Perdana Menteri Ceko Petr Fiala juga mengucapkan selamat kepada Prabowo. Menggunakan platform X, dia mengucapkan selamat kepada Prabowo atas kemenangannya pada pemilu Indonesia 2024.

Pemimpin Ceko itu berharap peralihan pemerintahan dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin ke Prabowo-Gibran Rakabuming Raka berjalan lancar. Dia juga menyatakan kesiapan pemerintahannya untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara yang telah lama terjalin.

Ucapan selamat juga telah disampaikan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dan Presiden Srilanka Ranil Wickremesinghe. Jubir Deplu Amerika Serikat Matthew Miller juga menyampaikan hal senada lewat pernyataan resmi di website pemerintahan AS.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih dan pemerintahan Indonesia berikutnya, serta lembaga legislatif, untuk mencapai prioritas bersama yang bermanfaat bagi masyarakat kedua negara, termasuk mengatasi perubahan iklim, memastikan kawasan Indo-Pasifik yang sejahtera dan aman, dan menjaga stabilitas internasional," kata Miller dalam pernyataan itu. (**/red)