breaking news Baru

Ratusan Warga Gedong Meneng Bandar Lampung Lebih Memilih Golput Dalam Pemilu 2024

Bandar Lampung, Buana Informasi TV - Ratusan warga di Kelurahan Gedong Meneng, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung tidak memilih pada kontestasi pemilihan umum (pemilu) 2024 atau golongan putih (golput). 

Tercatat dari data petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungut Suara) di TPS (Tempat Pemungutan Suara) 011 ada 70 orang Kelurahan Gedong Meneng, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung tercatat golput. 

Revi Angka Wijaya, Ketua KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungut Suara) 011 Kelurahan Gedong Meneng, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung, mengatakan pihaknya mencatat ada 70 orang golput. 

Daftar Pemilih Tetap (DPT) TPS 011 tercatat ada 262 DPT dan yang tidak digunakan 70 orang atau golput. 

"Ada 262 DPT dan suara yang dipilih 201 orang dan ada 70 orang suara tidak digunakan atau golput," kata Ketua KPPS 011, Kelurahan Gedong Menang, Kota Bandar Lampung, Rabu (14/2/2024). 

"Jadi mereka ini kebanyakan ada mahasiswa pindah alamat dan juga kertas suara lebih," kata Revi. 

Ia mengatakan, orang yang harus memilih pemilih dengan waktu dimulai 07.00-13.00 WIB tidak datang. 

Ketua KPPS 010, Oka Ramanda mengatakan, pihaknya mencatat ada 69 orang golput. 

"Kalau di TPS kami ada 276 DPT nya, orang yang memilih 207 dan 69 orang tidak memilih atau golput," kata Oka. 

Oka mengatakan, puluhan orang yang golput ini karena pindah rumah.

"Diantaranya orang golput ini meninggal dunia, ada juga telah menjadi abdi negara   TNI dan Polri," kata Oka.

Warga Perum Citra Garden Antusias

Pemilihan Umum (Pemilu) Pilpres 2024 dimulai hari ini, Rabu (14/2/2024).

Para pemilih begitu antusias menyalurkan suaranya mencoblos calon presiden dan calon anggota lesgislatif 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung.

Penelusuran berlangsung di TPS 009 Negeri Olok Gading, TPS 011 Negeri Olok Gading, TPS 021 di Kompleks Perum Citra Garden, dan TPS 13 Bakung 2.

Terbukti, mayoritas warga yang telah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) mayoritas datang di pagi hari.

Hanya sedikit yang kemudian datang menyusul menuju TPS setempat.

“Saya sudah 15 menit menunggu, sebenarnya dari tadi saya sudah datang tapi karena ramai jadi saya tinggal dulu pulang 

“Pemilihan hari ini berjalan lancar, Allhamdulilah tidak ada kendala. Ada 295 yang terdaftar dikurang 11 yang sudah meninggal di TPS 13 ini,” ujar Harly petugas TPS 13 Kelurahan Bakung 2.

Kardi sebagai anggota KPPS di TPS 009 juga mengatakan bila proses kegiatan pemilu di TPS terkait berjalan lancar tanpa kendala.

“Aman kok di sini lancar, tadi pagi sudah banyak nyoblos,” ujarnya.

Ketua KPPS TPS 21 Komplek Citra Garden, Aldy, pun mengatakan bahwa proses kegiatan pemilihan umum di TPS nya berlangsung kondusif.

“Semuanya aman dan kondusif sesuai dengan undangan, kendalanya paling ada di yang mau coblos pakai KTP tapi lupa mengurus surat pindah domisili,”

Sebagai informasi, syarat berkas yang dibawa Pemilih dalam apabila KTP tidak sesuai domisili dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) adalah KTP-elektronik atau surat keterangan (Suket), dan model A surat pindah memilih.

Sementara berkas yang dibawa Pemilih dalam daftar pemilih khusus (DPK) ialah KTP-elektronik atau surat keterangan (Suket). (**/red)