breaking news Baru

DPD PDI Perjuangan Lampung Gelar Pelatihan Saksi Di 15 Kabupaten

Bandar Lampung, Buana Informasi TV - Jelang hari pencoblosan pada, 14 Febuari 2024, DPD PDI Perjuangan Lampung melalui Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDI Perjuangan menggelar pelatihan saksi di 15 kabupaten/kota.

Kepala BSPN PDI Perjuangan Lampung Darwin Eko Saputra mengatakan, pelatihan guna memperkuat dan mematangkan persiapan dalam mengawal Pileg maupun Pilpres di Pemilu 2024.

Menurutnya, saat ini pelatihan saksi sedang berjalan di 15 kabupaten/kota se-Lampung dimulai sejak 4 Februari 2024.

“Kita sudah mulai dari 4 Februari dan diperkirakan sampai tanggal 10 Februari 2024. Saat ini sudah berjalan serentak di setiap kabupaten tapi belum selesai semua,” kata Darwin, Selasa (6/2/2024).

Darwin menjelaskan, total jumlah peserta yang mengikuti yaitu 100 peserta setiap pelatihan. 

“Jadi untuk jumlah pesertanya 100 setiap pelatihan, kalau misalkan setiap kabupaten itu ada 500 saksi ya artinya harus melaksanakan 5 pelatihan yang masing-masing dibagi 100 peserta,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk Provinsi Lampung perkiraan akan mengadakan pelatihan saksi sebanyak 524 kali dengan total saksi sekitar 51.650 orang. 

“Itu total keseluruhan di seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Lampung. Untuk pesertanya tentu kader partai seperti DPC ranting anak ranting dan sebagainya yang tersebar di 15 kabupaten kota,” ujarnya.

Terkait tujuan pelatihan itu, menurutnya, untuk mengawal dan mengamankan suara Pileg dan Pilpres secara teknis.

“Tujuannya tentu dalam rangka memperkuat secara teknis, kemudian untuk mengawal suara Pileg dan Pilpres tahun 2024 dan itu termasuk tugas khusus para saksi. Harapannya untuk para saksi tetap menjaga kesehatan, sehingga dapat mengawal dan mengamankan suara Pileg dan Pilpres pada Pemilu 2024 ini,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung, Sudin mengatakan partai telah mempercayakan para saksi untuk tegak lurus dalam rangkaian penyelenggaraan pemilu 2024.

“Jadi partai telah memilih peserta untuk menjadi saksi artinya partai percaya bahwa peserta saksi memiliki kemampuan, militansi dan daya juang yang baik untuk maju di garis depan medan pertempuran TPS. Oleh karenanya saya sebagai Ketua DPD menginstruksikan kepada teman-teman sekalian untuk memahami hal-hal yang berkaitan dengan Pemilu,” kata Sudin.

Sudin juga meminta kepada para saksi untuk memperhatikan seluruh proses dalam pelatihan saksi yang diselenggarakan oleh BSPN PDI Perjuangan Lampung.

“Saya ingin teman-teman untuk benar-benar memperhatikan seluruh proses dan rangkaian penyelenggaraan pemilu. Dan momentum pelatihan ini adalah poin penting untuk menempa diri saudara,” ujarnya.

“Maka dari itu, ikutilah pelatihan ini dengan serius. Karena mulai hari ini juga teman-teman saksi bertugas untuk memenangkan PDI Perjuangan di setiap TPS masing-masing. Teliti dan cermat dalam perhitungan suara sampai selesai, jaga kesehatan dan kekompakkan kita semua,” tandasnya. (**/red)