breaking news Baru

Polres Tulang Bawang Dan Polda Lampung Laksanakan Apel Gelar Operasi Lilin Krakatau 2023

Tulangbawang, Buana Informasi TV - Polres Tulangbawang, Polda Lampung, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Krakatau 2023 yang berlangsung di lapangan Mapolres setempat, pada Kamis (21/12/2023), pukul 08.30 WIB s/d selesai.

Apel Gelar Pasukan yang dilakukan Polres Tulangbawang ini merupakan bentuk pengecekan akhir terhadap kesiapan personel, maupun sarana dan prasarana (sarpras) yang akan digunakan selama pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau 2023.

"Operasi Lilin Krakatau 2023 merupakan Operasi Kepolisian Terpusat yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia guna mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru)," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Tulang Bawang, Ferli Yuledi, SP, MM, MT, didampingi Kabag Ops, Kompol Abdul Mutolib, SH, saat membacakan amanat Kapolri, Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, pada Apel Gelar Pasukan.

 

Lanjutnya, pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden, Joko Widodo.

Apalagi momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap mobilitas masyarakat.

Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa Kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, dalam mengamankan Nataru Polri didukung TNI, Kementerian/Lembaga (K/L), Pemda, Mitra Kamtibmas, dan stakeholder terkait.

Di tempat yang sama, Kompol Abdul Mutolib, SH, mewakili Kapolres Tulang Bawang, AKBP Jibrael Bata Awi, SIK, mengatakan bahwa Operasi Lilin Krakatau 2023 akan berlangsung selama 12 hari, terhitung mulai tanggal (TMT) 22 Desember 2023 sampai dengan 02 Januari 2024.

"Pada Operasi Lilin Krakatau 2023 ini, kami menggelar tiga Pos yakni Pos Pam Pasar Unit 2, Pos Pam Menggala, dan Pos Yan Rest Area Tol Km 208.

 

Yang mana masing-masing Pos nantinya akan diisi oleh 40 personel gabungan yang terdiri dari Polri 20 personel, TNI 4 personel, Dishub 4 personel, Dinas Kesehatan 4 personel, Pol PP 4 personel, dan Senkom/Rapi 4 personel," kata perwira dengan melati satu dipundaknya.

Orang nomor tiga di Polres Tulang Bawang menambahkan, pada Operasi Lilin Krakatau 2023 ini kami melibatkan sebanyak 172 personel, yang terdiri dari 112 personel Polres Tulang Bawang, dan 60 personel stakeholder.

"Kepada personel yang terlibat dalam Operasi Lilin Krakatau 2023 agar jangan pernah underestimate saat bertugas. Jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan, dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah," imbuh Kompol Mutolib. (**/red)