breaking news Baru

Pj Bupati Lampung Barat Mengukuhkan Anggota Dewan Pengawas Seni Lampung Barat periode 2022-2027

 Lampung Barat,Buana Informasi TV - Pj Bupati Lampung Barat Nukman mengukuhkan anggota Dewan Pengawas Seni Lampung Barat periode 2022-2027.

Pengukuhan dilakukan Pj Bupati Lampung Barat Nukman pada acara Pesagi Culture Festival di Gedung Lamban Pancasila, Minggu (5/11/2023) malam.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Lampung Barat Nukman menyampaikan, keberadaan Dewan Pengawas Kesenian Lampung Barat saat ini sangat penting.

Sebab, menurutnya, Kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu wilayah di Provinsi Lampung yang kaya akan seni budaya.

“Namun yang ditakutkan kekayaan tersebut sempat tenggelam seiring dengan berkembangnya zaman modern,” kata dia.

"Di zaman saya masih bujang saya ingat sekali, Lampung Barat ini memiliki banyak sekali seni budaya,” sambungnya.

Kesenian tersebut dikemas terutama pada saat perhelatan pernikahan, mulai dari memarut kelapa yang dilakukan para bujang gadis, hadra hingga nyambai.

Namun dirinya bersyukur karena kesenian khas Lampung Barat yang sempat ingin tenggelam itu kini mulai ditonjolkan lagi.

"Alhamdulillah di masa kepemimpinan bapak Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin seni budaya yang berada di Lampung Barat mulai digali,” ucapnya.

“Kesenian-kesenian yang kita punga kini telah dikembangkan kembali bahkan masuk dalam program unggulan mereka,” terusnya.

Nukman berharap Dewan Kesenian yang telah dikukuhkan dapat menjalin sinergiritas terhadap Pemkab Lampung Barat khususnya dalam pengembangan seni budaya.

"Saya berharap kepada Dewan Kesenian yang baru saja dikukuhkan ke depannya dapat menjalin sinergitas dengan Pemkab,” harapnya.

“Bersama-sama untuk terus menggali dan mengembangkan seni budaya tradisonal yang ada di Lampung Barat," sambungnya.

Orang nomor satu di Lampung Barat itu juga mengajak Dewan Pengawas Kesenian untuk bekerjasama dalam melaksanakan program kerja yang telah dibuat.

"Melestarikan seni budaya yang dimiliki oleh Lampung Barat merupakan suatu tanggung jawab kita bersama,” sebutnya.

“Untuk itu kita harus saling bahu membahu agar seni budaya di Lampung Barat dapat terjaga," pungkasnya.

Sebagai informasi, Mantan Wakil Bupati Lampung Barat Mad Hasnurin dipilih menjadi Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Lampung Barat periode 2022-2027.

Mad Hasnurin berkomitmen akan menjalin sinergitas kepada Pemkab Lampung Barat dalam menjaga seni budaya.

"Kami selaku Dewan Kesenian Lampung Barat siap menjalin sinergitas kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam memajukan seni budaya," kata dia.

"Saya berharap momentum ini menjadi langkah untuk merajut ikatan persaudaraan yang semakin kuat ke depannya," tutupnya.(**/red)