breaking news Baru

Polres Lubuklinggau Kunjungi Sekolah, Sosialisasi Terkait Cegah Tindak Intimidasi

Lubuklinggau,Buana Informasi TV - Menindaklanjuti hasil audiensi antara Polres Lubuklinggau dan PGRI Kota Lubuklinggau yang berlangsung pada Selasa, 24 Oktober 2023, Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yudha, beserta jajaran Polres, melanjutkan upaya pencegahan tindakan intimidasi yang melibatkan oknum yang mengatasnamakan LSM atau wartawan di lingkungan sekolah.

Pada hari ini Rabu (25/10/23), Kapolres Lubuklinggau bersama Kasat Intelkam Polres Lubuklinggau, Iptu Deni, dan Kasat Samapta Polres Lubuklinggau, AKP Dedi Purma Jaya, berserta personel Satintelkam, menyambangi beberapa sekolah SMA di Kota Lubuklinggau. Kali ini berkesempatan untuk datang ke SMAN 9 Kota Lubuklinggau. 

Kapolres Lubuklinggau dan rombongan disambut langsung oleh Kepala sekolah Ibnu Mahdi didampingi wakil kesiswaan H. Suharno dan wakil kurikulum, Jupriadi. Tujuannya adalah untuk memberikan imbauan serta saran kepada kepala sekolah dan jajarannya tentang bagaimana tetap waspada dan proaktif dalam menangani permasalahan terkait adanya oknum yang mengatasnamakan LSM atau wartawan yang melakukan intimidasi.

Kapolres Lubuklinggau menekankan bahwa jika kepala sekolah dan stafnya mendapatkan gangguan atau intimidasi dari pihak-pihak yang tidak dikenal, terutama yang mengatasnamakan LSM atau wartawan, mereka harus segera melaporkan ke Polres Lubuklinggau. Kepolisian akan menindaklanjuti laporan tersebut dan memberikan perlindungan yang diperlukan.

Tidak hanya itu, Kapolres memberikan beberapa saran praktis dalam menjaga keamanan sekolah. Diantaranya adalah memastikan identitas tamu yang datang dengan jelas, menyiapkan buku tamu sebagai catatan kedatangan tamu, memastikan kamera pengawas atau CCTV aktif, dan kepala sekolah sebaiknya didampingi oleh beberapa dewan guru lainnya saat menyambut tamu. Ini adalah langkah-langkah untuk menjaga transparansi atas apa yang dibahas selama kunjungan tamu.

Selain itu, Polres Lubuklinggau akan melakukan patroli secara acak tanpa waktu yang pasti di dekat sekolah-sekolah sebagai langkah preemtif dan pencegahan tindakan yang tidak diinginkan, baik dari Satuan Samapta maupun dari Polsek di wilayah masing-masing sekolah.

Kunjungan Kapolres Lubuklinggau dan rombongan berlanjut ke SMAN 4 Kota Lubuklinggau yang disambut oleh Kepala Sekolah, Bapak Erwin dan dewan guru. Tujuannya sama yakni memberikan imbauan serta berkoordinasi dengan baik dalam pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan kepada Pihak sekolah, selain itu juga Kapolres lubuklinggau menambahkan agar kiranya pihak sekolah juga proaktif berkomunikasi dengan pihak pemerintah kota Lubuklinggau dalam upaya pencegahan perbuatan intimidasi dari oknum yang mengatasnamakan LSM atau wartawan serta 

Kerjasama antara kepolisian dan sekolah ini menjadi kunci penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan pendidikan. Dengan langkah-langkah pencegahan yang diterapkan, diharapkan potensi tindakan intimidasi dapat diminimalkan.

Kegiatan sambang sekolah ini akan terus dilakukan dan langsung turun kelapangan oleh Kapolres Lubuklinggau AKBP Indra Arya Yudha dan rombongan sebagai wujud nyata tindakan kepolisian yang dilakukan oleh Polres Lubuklinggau untuk menjaga situasi kamtibmas di kota Lubuklinggau agar tetap kondusif. (*/Ari)