breaking news Baru

Polisi Menangkap Pelaku Peracunan Ikan Di Jalur Sungai Wayrarem Kab. Lampura

Lampung Utara, Buana Inforrmasi TV - Kapolsek muara sungkai dan kepala desa pakuan agung, warga, menangkap pelaku peracun ikan di jalur Sungai wayrarem Desa pakuan agung Kecamatan muara sungkai, Kabupaten lampung utara.

Penangkapan dilakukan lantaran warga dan komunitas resah dengan aksi meracun ikan yang dikhawatirkan merusak ekosistem sungai.

Penangkapan dilakukan pada minggu 24 09.2023.malam. Penangkapan bermula ketika ada dua orang yang memancing di tepi sungai dan melihat aktivitas sekelompok orang menebarkan racun ke alur sungai wilayah pakuan Agung.

Rais kepala desa pakuan agung,mengatakan aksi meracun ikan di alur sungai kerap terjadi terutama di wilayah termasuk di alur Sungai batang hari  Desa pakuan agung  Kecamatan muara sungkai.

Rais kepala Desa pakuan agung kecamatan muara sungkai kabupaten lampung utara, menjelaskan jenis ikan yang hidup di alur Sungai way larem beragam seperti ikan baung,mengarat,lampam atau ikan timah serta masih banyak jenis yang lain nya ,  Keberadaan ikan-ikan tersebut dikhawatirkan kian berkurang dan mengganggu ekosistem sungai ketika aksi meracun ikan terus dibiarkan.

“Dampak dari aktivitas meracun ikan itu luar biasa. Tidak hanya dirasakan di daerah yang diracun namun dampaknya bisa sampai ke daerah hilir,” katanya.

Di sisi lain, aksi meracun ikan sungai tersebut melanggar UU No. 45/2009 tentang Perikanan.

“Selama ini kami mengedukasi warga terutama yang tinggal sekitar sungai. Aktivitas seperti meracun serta menyetrum ikan di sungai tentunya dilarang. Kami tidak ingin anak-cucu dirugikan,” urai dia.

kepala Desa pakuan agung Rais menjelaskan ke awak media bahwa sudah ketiga (3) kali sungai way larem yang berada di wilayah pakuan agung dan mendesak kepada pihak kepolisian kususnya sektor muara sungkai 

kepala desa mendesak pengusutan kasus peracunan ikan tersebut bisa dilakukan hingga tuntas.Agar Hal ini dimaksudkan sebagai efek jera kepada para pelaku supaya kasus serupa tak terulang

 Davit (kanit) polsek muara sungkai membenarkan adanya penangkapan 3 unit motor  pelaku peracun ikan di sungai batang hari wayrarem. Selain itu, polisi menyita sepeda motor jenis honda beat strit,revo,yamaha jupiter z, jaring, dua unit hp merek vivo,dan nokia yang diduga digunakan para pelaku. tutupnya. (**/red)