breaking news Baru

Pemprov Lampung Gelar Peringatatan Tahun Baru Islam 1445 H dan Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Balai Keratun

Bandar Lampung, Buana Informasi TV - Sekdaprov Lampung, Fahrizal Darminto mengikuti acara Peringatan Tahun Baru Islam 1445 H dan Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Balai Keratun Lt.3, Senin (14/8/2023).

Acara yang mengusung tema "Semangat Hijrah mewujudkan ASN berakhlak" bertujuan untuk membuka kesadaran Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung tentang pentingnya penerapan akhlak mulia dan ASN ber-AKHLAK dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai abdi negara dan pelayan publik.

Mengawali sambutannya Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto mengajak kepada seluruh peserta untuk senantiasa menjadi hamba yang bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh Allah.

"Marilah kita jangan pernah berhenti untuk bersyukur pada Allah SWT atas nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita semua baik itu nikmat Iman, nikmat sehat, nikmat rezeki, nikmat bahagia dan lain-lain," ucapnya 

Sekdaprov Lampung juga menyampaikan bahwa peringatan Tahun Baru Islam 1445 H dan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke -78 ini memiliki makna untuk selalu memikirkan dan mempertimbangkan apa yang telah diperbuat dan apa yang bisa dibawa untuk hari esok. 

Selanjutnya Fahrizal Darminto mengatakan bahwa makna penting lain dalam  memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 ini adalah agar senantiasa mensyukuri nikmat kemerdekaan yang masih dinikmati dan dirasakan hingga saat ini.

"Kalau masa lalu orang-orang dulu berjuang  dengan bambu runcing dan lain-lain untuk meraih kemerdekaan, sekarang alhamdulillah kita sudah merdeka dan tidak perlu bersusah payah untuk mengangkat senjata," ungkapnya 

Sudah menjadi tugas bersama untuk mengisi pembangunan tersebut melalui visi Indonesia Emas 2045 yang memiliki semangat untuk menekan angka kemiskinan mendekati nol, pengangguran mendekati nol dan pendapatan perkapita yang jumlahnya sudah sejajar dengan negara-negara maju.

"Tentunya bisa kita capai kalau semua unsur baik sebagai PNS, pegawai badan usaha, ulama, petani, pedagang dan semuanya itu berada dalam satu semangat yang sama dalam mengejar visi Indonesia Emas itu," pungkasnya. 

Acara ini menghadirkan penceramah Ustadz Asep Kholis Nurjamil,S.HI,MKom.I yang mengangkat tema  "Semangat Hijrah untuk mewujudkan ASN be-Akhlak".

Asep Kholis Nurjamil menjelaskan definisi akhlak berdasarkan tinjauan islami dan tinjauan core value BerAKHLAK yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

"Keislaman yang kita miliki saat ini justeru harus memberikan keterangan bagi yang lain," ucapnya 

Selanjutnya Asep Kholis Nurjamil mengatakan bahwa ibadah terbesar bagi ASN adalah menjalankan tugas Pemerintahan dengan baik.

"Berfikir siang malam untuk bagaimana menciptakan ketenangan, kedamaian, ketenteraman bagaimana agar Pemerintahan ini berjalan dengan baik," pungkasnya 

Dalam rangkaian kegiatan ini Sekdaprov Lampung didampingi Ketua Dharma Wanita Provinsi Lampung, Kepala Biro Kesra Setdaprov Lampung dan perwakilan DPRD Provinsi Lampung menyerahkan sejumlah bantuan untuk anak-anak yatim piatu.

Hadir dalam acara Jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, Staf Ahli Gubernur, Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, ASN di Lingkungan Pemprov Lampung, Ketua MUI Lampung, Ketua NU Wilayah Lampung dan Ketua Muhammadiyah Lampung. (**/red)