breaking news Baru

Pemprov Lampung Mendukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi Melalui Pembangunan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Bandar Lampung, Buana Informasi TV - Gubernur Lampung diwakili Asisten  Administrasi Umum, Senen Mustakim, menjadi pembina apel gabungan mingguan dilingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Lampung, di lapangan Korpri, Senin (05/06/2023).  

Dalam sambutan tertulis Gubernur Lampung yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, menjelaskan dalam menghadapi era keterbukaan informasi publik, Pemprov Lampung menjadi satu badan publik, untuk meningkatkan kinerjanya secara optimal dan profesional. Sehingga dapat memberikan informasi kepada publik dengan cepat, murah, transparan dan akuntable. 

"Alhamdulillah, hasil dari monitoring yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat terhadap seluruh Badan Publik termasuk seluruh Pemerintah Provinsi se-Indonesia pada Tahun 2022, Pemerintah Provinsi Lampung masuk katagori Informatif dengan nilai 93,25" ucapnya. 

Dalam mendukung salah satu dari 33 janji kerja "Rakyat Lampung Berjaya" yaitu percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi, dengan memaksimalkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam bentuk pembuatan aplikasi, regulasi dan pembangunan peta arsitektur Tata Kelola Pemerintah Berbasis Elektronik dan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

"Alhamdulillah, atas kerja keras tersebut SPBE Pemprov Lampung memperoleh skor 3,37 kategori BAIK - Terbaik di Sumatera Nomor 4 di Indonesia dengan skor yang sama dengan Provinsi Jawa Barat. Melalui penilaian KemenPAN RI tahun 2022 se-Provinsi Seluruh Indonesia" ujarnya. 

Berbagai program pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung saat ini, telah menggunakan teknologi digital, diantaranya: Kartu Petani Berjaya, Smart Village dan Smart School. 

Melalui Peraturan Gubernur Nomor 37 tahun 2022 tentang amandemen Peraturan Gubernur Nomor 43 tentang Satu Data Prov. Lampung, Dinas Kominfotik menjadi walidata Satu Data Provinsi Lampung. Dengan 5 indikator domain penilaian: prinsip satu data Indonesia, kualitas data, proses bisnis, statistik, kelembagaan, statistik nasional. 

"Untuk itu, agar semua unsur mendukung program satu data ini dengan maksimal dan mari kita bersinergi bersama dalam membangun kekuatan besar memaksimalkan pembangunan untuk mewujudkan rakyat Lampung Berjaya" tegasnya. 

Gubernur juga berpesan kepada Perangkat Daerah dan ASN Provinsi Lampung untuk dapat mempublikasikan hasil kinerja Pemerintah Provinsi Lampung melalui media sosial dan media informasi lainnya, sehingga masyarakat mengetahui Pemerintah terus bekerja keras dalam memajukan Provinsi Lampung di berbagal sektor kehidupan. 

Hadir mengikuti Apel, para Staf Ahli, para Asisten, para Kepala Dinas, Sekretariat DPRD, para Kepala Biro di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, dan ASN dilingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Lampung. (**/red).