Rapat Anggota Tahunan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) SAPTAWA Provinsi Lampung Tahun Buku 2022

Bandar Lampung, Buana Informasi TV - Gubernur Lampung diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto membuka Rapat Anggota Tahunan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) SAPTAWA Provinsi Lampung Tahun Buku 2022, di Gedung Pusiban, Rabu (24/05/2023).

Dari tahun ke tahun KPRI Saptawa menunjukkan kinerja yang baik. Koperasi Saptawa sudah memberikan kontribusi   yang signifikan dalam membantu pemenuhan kebutuhan PNS, khususnya dalam pendanaan, kebutuhan pokok rumah tangga, penyediaan kavling tanah untuk perumahan. 

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada KPRI Saptawa yang telah memberikan konstribusi yang berarti bagi para PNS dilingkungan Pemprov Lampung.

Selanjutnya Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus Koperasi Saptawa periode 2020-2022 yang telah mendedikasikan diri dalam mengembangkan Koperasi SAPTAWA.

Berdasarkan hasil audit Akuntan Publik, bahwa dari sisi permodalan dalam melaksanakan usahanya KPRI Saptawa menggunakan modal sendiri. 

"Oleh karenanya dalam penilaian saya KPRI Saptawa secara finansial terkategori sehat dan mandiri," ucap Sekdaprov.

Kesadaran anggota yang aktif dalam membayar kewajiban tiap bulan ke Koperasi sangat penting untuk menjaga Kemandirian Koperasi.

Hanya dengan kerja keras dari jajaran pengurus/Badan Pengawas, Dewan Penasehat serta Pembina KPRI Saptawa, kinerja tersebut dapat dipertahankan untuk  keberlanjutan kelembagaan dan usaha KPRI Saptawa ke depan. 

Gubernur mengingatkan sebagai badan usaha agar KPRI Saptawa mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku dalam dunia usaha, antara lain dalam kepatuhan membayar pajak.

Gubernur meminta kepada Pengurus untuk terus mengoptimalkan kinerja, manajemen dan organisasi, kemampuan mengakses dan memobilisasi permodalan, serta mengembangkan potensi di bidang usaha prospektif lainnya, yang memberikan manfaat bagi anggotanya. 

Dunia usaha yang semakin kompetitif, dan percepatan perkembangan Informasi dan Teknologi (IT)  menjadi tantangan sekaligus peluang yang dapat dimanfaatkan oleh KPRI Saptawa untuk memperluas dan mengembangkan bidang usahanya.

Rapat Anggota Tahunan selain   mengevaluasi kinerja dan keberhasilan Koperasi Tahun Buku 2022, sekaligus akan menetapkan  dan mengesahkan 3 (Tiga) hal pokok, yaitu : 1). Laporan hasil kerja pelaksanaan Tahun Buku 2022 sebagai bentuk pertanggung jawaban.2). Program dan Rencana Kerja setahun ke depan, 3). Anggaran untuk Tahun Buku 2023. 

Secara khusus terkait dengan rencana kerja 2023, Gubernur sebagai Pembina KPRI Saptawa berpesan dan memberikan catatan penting, antara lain :
 
1. Mengelola Koperasi secara profesional dan transparan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anggota. 
2. Mengembangkan berbagai usaha baru dan bekerjasama dengan mitra usaha 
yang prospektif dengan tetap berpegang pada azas perkoperasian.
3. Meningkatkan citra koperasi yang mandiri dan terpercaya.
4. Mendukung program Pemprov Lampung untuk mewujudkan visi “Lampung Berjaya” khususnya terkait bidang Koperasi & UKM.
5. Memilih Pengurus yang punya pengetahuan di bidang koperasi sehingga kinerja yang telah dicapai dapat di pertahankan bahkan di tingkatkan. 

"Saya berharap Pengurus dan peserta dapat melaksanakan RAT dengan tertib dan lancar sesuai peraturan yang berlaku, dan menghasilkan berbagai keputusan yang berorientasi pada kemajuan dan kemandirian koperasi ke depan," pungkasnya 

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pengundian sekaligus pengumuman pemenang undian umroh untuk 10 orang anggota, salah satu peraih hadiah undian Umroh adalah atas nama Khofid dari Satuan Polisi Pamong Praja.

Selanjutnya  dari hasil pengundian hadiah berupa  1 unit Sepeda Motor, jatuh kepada Mely Ayunda dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, disusul dengan pengundian beragam hadiah menarik lainnya.

Pengundian dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Elvira Umihanni, S.P., M.T. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Drs. Syamsu Rizal, MM dan Kepala Koperasi SAPTAWA Harun al-Rasyid. (**/red)