breaking news Baru

Pimpinan Definitif DPRD Pesisir Barat Belum Pembentukan AKD

Pesisir Barat, buanainformasi.tv - Pimpinan definitif DPRD Pesisir Barat priode 2024-2029 belum rampung hambat pembentukan Alat kelengkapan dewan (AKD).

Sekretaris DPRD Pesisir Barat, L Maulana mengatakan, dari tiga partai politik pemenang Pileg 2024 di Pesisir Barat saat ini baru dua Parpol yang telah mengajukan nama pimpinan definitif tersebut.

"Kalau kemarin baru Partai Nasdem dan PPP yang telah mengajukan usulan nama pimpinan definitif, sedang PDIP usulannya belum masuk, untuk hari ini nanti kita cek lagi apakah sudah ada surat usulan atau belum," ungkapnya, Senin (16/9/2024).

Dikatakannya, sebelum terbentuknya pimpinan definitif maka DPRD Pesisir Barat belum bisa melanjutkan tahapan pembentukan AKD.

Ia berharap dalam pekan ini usulan pimpinan difinitif tersebut telah disampaikan oleh seluruh Parpol pemenang agar segera bisa ditindaklanjuti.

"Sebelum ada pimpinan definitif setau saya pembentukan AKD tidak bisa dilakukan, kita berharap dalam pekan ini semua Parpol sudah menyampaikan usulan pimpinan difinitif itu agar bisa kita tindaklanjuti," ujarnya.

Terkait dengan aktifitas DPRD Pesisir Barat yang baru dilantik beberapa waktu lalu, L Maulana membeberkan bahwa 25 wakil rakyat itu akan mengikuti orientasi yang selenggarakan oleh BPSDM Kementerian Dalam Negeri.

Adapun tujuan orientasi ini yakni untuk pengenalan tugas, fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggaran pemerintahan daerah dan untuk meningkatkan kompetensi, profesionalitas dan integritas para anggota dewan. 

"Mulai besok 17 sampai 20 September 2024, seluruh DPRD Pesisir Barat yang baru ini akan mengikuti orientasi yang diselenggarakan oleh BPSDM Kemendagri di Bandar Lampung," bebernya.

"Orientasi ini wajib diikuti oleh seluruh anggota DPRD terpilih," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, pembentukan enam fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesisir Barat masa bakti 2024-2029 saat ini telah rampung.

Sekretaris DPRD Pesisir Barat, L.Maulana mengatakan, berdasarkan rapat paripurna internal yang telah dilaksanakan tidak ada perubahan terkait dengan jumlah fraksi yang dibentuk.

"Untuk jumlah fraksi tidak ada perubahan, masih enam fraksi," ungkapnya, Jumat (6/9/2024).

Dijelaskannya, enam fraksi DPRD Pesisir Barat yang telah dibentuk tersebut terdiri dari fraksi utuh dan fraksi gabungan.

Adapun fraksi-fraksi tersebut yakni Fraksi Nasdem, Fraksi PDI-P dan Fraksi Persatuan dan Pembangunan (gabungan dari PPP dan PKS).

Kemudian, Fraksi Golongan Karya (gabungan antara partai Golkar dan Demokrat), Fraksi Kebangkitan Bangsa, Fraksi Amanat Indonesia Raya (gabungan PAN dan Gerindra).(**/red)