breaking news Baru

Polisi Tulang Bawang Barat Gelar Latihan Beladiri Untuk Anggota Polri

Tulang Bawang Barat, buanainformasi.tv - Polres Tulangbawang Barat, Polda Lampung menggelar latihan beladiri yang diperuntukkan untuk anggota Polri.

Pelaksanaan latihan beladiri Polri itu berlangsung di Lapangan Mapolres Tulangbawang Barat pada Senin (9/9/2024).

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) AKP A. Pancarudin mengatakan latihan beladiri itu dilakukan untuk meningkatkan keterampilan kemampuan beladiri anggota Polri.

"Tujuannya tentu saja untuk menunjang dalam bertugas di lapangan, sehingga diharapkan dapat melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat," ujarnya mewakili Kapolres Tulangbawang Barat AKBP Sendi Antoni, Senin (9/9/2024).

Kabag SDM menuturkan latihan beladiri tersebut dilaksanakan secara berkala pada setiap semesternya yang diikuti oleh semua anggota yang berpangkat mulai Bripda sampai Inspektur Polisi Satu (Iptu).

Teruntuk anggota Polri yang akan melaksanakan ujian kenaikan pangkat (UKP) pun sangat diwajibkan untuk mengikutinya.

"Jadi selain untuk meningkatkan kemampuan perorangan bagi anggota Polri, juga sebagai persyaratan personel yang akan melaksanakan UKP periode 1 Januari 2025,” jelasnya.

Pancarudin menilai semua anggota Polri sangat diperlukan memiliki kemampuan dan keterampilan teknik dasar beladiri.

Sebab, keahlian itu bisa dijadikannya untuk mempertahankan diri atau melindungi orang lain dari serangan kejahatan.

Ditambahkan Pancarudin dalam pelaksanaan latihan beladiri itu ada beberapa materi yang dilakukan diantaranya ada beladiri tanpa alat dan melepas serangan lawan.

“Sementara untuk teknik beladiri dengan alat kita latihkan tongkat sebagai alat menghadapi serangan senjata tajam dan borgol sebagai alat menghadapi pukulan dengan tongkat,” paparnya.

Lebih lanjut, ia pun berharap dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi anggota Polri dalam bertugas.

Serta dapat bersikap sigap ketika harus berhadapan dengan para pelaku tindak kejahatan maupun pengganggu Kamtibmas di wilayah Kabupaten Tulangbawang Barat.(**/red)