breaking news Baru

Mendag Zulhas Sosialisasikan Kebijakan PMSE Dan Perdagangan Jasa di Kampus Itera

Bandar Lampung, buanainformasi.tv - Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan jadi pembicara utama pada Sosialisasi Kebijakan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) dan Perdagangan Jasa yang berlangsung di Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Lampung Selatan, Jumat (6/9/2024).

Sosialisasi tersebut diikuti sekitar 400 mahasiswa.

Mendag menjelaskan bahwa perekonomian Indonesia tetap tumbuh stabil di atas 5 persen, meskipun ditengah situasi global yang tidak pasti. 

Menurut Zulhas, ekonomi Indonesia pada triwulan II 2024 tumbuh 3,79 persen dibandingkan triwulan sebelumnya.

Bahkan ia juga mengungkapkan, bahwa sumber utama pembangunan ekonomi Indonesia berasal dari UMKM. 

Dan UMKM sendiri telah berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Zulhas memaparkan, jumlah UMKM pada tahun 2021 mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 60,51 persen atau senilai Rp 9,580 triliun.

Kehadiran teknologi digital, kata Mendag, bisa menjadi pendorong bagi UMKM untuk berkembang dan bertransformasi, sehingga mampu bersaing dan menembus pasar global.

ia menyebut, Kemendag telah menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. 

Permendag tersebut mengatur tata kelola ekosistem niaga-el (e-commerce) agar menjadi lebih adil, sehat, dan aman. (**/red)