breaking news Baru

Krui Fair 2024 Jadi Ajang Promosi Dan Kebangkitan Ekonomi Kreatif

Pesisir Barat, buanainformasi.tv - Pameran pembangunan Krui Fair 2024 diharapkan mampu menjadi ajang promosi serta mendorong kebangkitan ekonomi kreatif , budaya dan pariwisata Pesisir Barat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Pelaksana sekaligus Plt Sekdakab Pesisir Barat, Jon Edwar saat menyampaikan sambutan pembukaan Krui Fair 2024 di lapangan kompleks perkantoran Pemkab Pesisir Barat, Selasa (9/7/2024).

"Pameran pembangunan Krui Fair ini bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi daerah dan kebangkitan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,"ungkapnya.

Dijelaskannya, Krui Fair 2024 kali ini mengusung tema "1001 Pesona Budaya dan Alam Pesisir Barat, Bela dan Beli Produk UMKM". 

Diharapkan Krui Fair mampu menjadi media sosialisasi, branding dan pemasaran produk unggulan daerah baik dari sektor pariwisata, UMKM maupun kelautan.

Sehingga para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif dapat bangkit dan berkembang.

Adapun Krui Fair 2024 melibatkan 27 OPD, 11 kecamatan, TP-PKK, Polres Pesisir Barat, Kodim 0422/Lambar, sembilan BUMN/BUMD, perbankan otomotif, dan 135 UMKM.

Sedangkan untuk rangkaian agenda Krui Fair sendiri terdiri dari lomba senam pesona Pesibar, lomba PBB tingkat pelajar SMP dan SMA, lomba fashion show pengantin nusantara dan atraksi karnival dan peragaan busana tingkat OPD.

Lalu, pagelaran band indie Lampung, lomba nyanyi berkelompok, lomba nyelimpok, lomba mewarnai tingkat anak SD kelas 1-3, tabligh akbar, jalan sehat dan diakhiri seremoni penutupan Krui Fair 2024 pada 14 Juli 2024.

Bupati Agus Istiqlal menuturkan bahwa pameran pembangunan pada dasarnya merupakan event untuk melihat berbagai hasil-hasil program pembangunan yang dilaksanakan oleh instansi dan OPD selama ini.

"Kegiatan ini juga dapat dijadikan ajang untuk mempromosikan Pesisir Barat dengan segala potensi yang ada, baik berupa potensi alam maupun budaya yang memiliki prospek untuk dikelola dan dikembangkan," ujar Bupati, Agus Istiqlal.

Dikatakannya, berbagai rangkaian kegiatan Krui Fair ini diharapkan akan memberikan efek yang signifikan terhadap pengembangan, pelestarian dan juga upaya peningkatan apresiasi masyarakat terhadap budaya dan seni lokal yang ada.

"Kita berharap gelaran Krui Fair ini akan meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung," ujarnya.

Menurutnya, gelaran Krui Fair 2024 ini terasa  istimewa karena baru pertama kali dilaksanakan di komplek Perkantoran Pemkab Pesisir Barat.

Pembukaan Krui Fair 2024 yang dimeriahkan dengan penampilan penyanyi Tri Suaka itu dihadiri dihadiri oleh Pj Gubernur Lampung  diwakili oleh Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Yudhi Alfadri, Ketua DPRD Pesisir Barat Agus Cik dan tamu VIP lainnya. (**/red)