breaking news Baru

Kans Duet Anies-Andika, PPI Soroti 2 Kutub Beda Pendukung dan Koalisi

Nasional, buanainformasi.tv - Ketua DPP PDIP Puan Maharani melirik wacana duet eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama kader PDIP sekaligus eks Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa di Pilgub Jakarta. Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno memandang ada dua variabel ketika berbicara mengenai kans duet Anies dan purnawirawan jenderal bintang 4 itu.

"Kalau bicara peluang duet Anies dan Andika perkasa saya kira variabelnya dua. Pertama, apakah Anies Baswedan tertarik berdampingan dengan Andika, begitu juga sebaliknya? Apakah PDIP itu cukup serius untuk mengusung Andika Perkasa berkoalisi dengan Anies Baswedan," kata Adi kepada wartawan, Kamis (4/7/2024).

Adi memandang bukan perkara mudah menyatukan pendukung Anies dan PDIP. Pasalnya, kata dia, pendukung Anies dan PDIP bak dua kutub ekstrem yang saling tidak akur.

"Apapun judulnya, pemilih Anies dan PDIP itu adalah dua kutub ekstrem besar yang selama ini memang tidak akur. Ini yang sepertinya juga dikalkulasi betul oleh Anies dan PDIP kalau keduanya berkoalisi karena tentu koalisi yang dibangun berharap dapat dukungan politik signifikan," jelasnya.

Faktor kedua adalah perlu koalisi bersama parpol lain jika ingin mengusung Anies dan Andika. Menurutnya, saat ini PKB yang mulai memiliki titik temu berkoalisi bersama PDIP.

"Rasa-rasanya PKB mulai ada titik temu kalau wakilnya Anies dari PDIP dan Andika Perkasa. Ini yang sepertinya kita lihat ke depan koalisi Anies-Andika yang diusung PDIP dan PKB. Dua partai ini saya kira udah cukup mengusung Anies dan Andika," terangnya.

Di sisi lain, Adi meyakini bahwa Anies pasti memperhitungkan langkah politiknya ke depan. Apalagi, ada peluang PKS menarik dukungan kepada Anies jika tak berpasangan dengan kader PKS.
"Duet Anies-Andika ini bukan tidak mungkin PKS akan pindah ke lain poros. Apapun judulnya, kalau melihat Pilkada 2024 ini PKS sepertinya menaruh harga mati kader terbaik mereka M Sohibul Iman untuk

Bisa menjadi pendamping Anies dan sepertinya PKS tak mau terus-menurus menjadi kayu bakar politik, mengusung Anies tapi tak dapat apapun," ujarnya.
Puan Lirik Duet Anies-Andika

Sebelumnya, Puan Maharani, melirik wacana duet Anies Baswedan, dan Andika Perkasa, di Pilgub Jakarta. Puan menilai wacana duet Anies-Andika Perkasa menarik.
"Menarik," kata Puan di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7).

Puan mengatakan Andika memiliki peluang untuk dimajukan di pilkada sejumlah wilayah, termasuk Pilkada Jawa Tengah (Jateng). Puan mengatakan saat ini partainya masih mengkalkulasi di wilayah mana Andika lebih berpeluang kuat.

"Ya nama-nama yang sekarang muncul salah satunya Pak Andika menjadi salah satu calon yang nanti akan kita lihat baiknya itu akan kita calonkan di mana, karena pilkada ini orangnya wilayahnya sangat berbeda-beda dan nggak bisa satu nama itu hanya di satu wilayah. Jadi semuanya itu punya kekhasan dan tergantung di mananya," kata Puan.

Puan pun menilai Andika selalu siap apabila nantinya ditugaskan partai maju di pilkada. "Kita belum bicara langsung di forum DPP (Dewan Pimpinan Pusat), cuma, ya, sepertinya (Andika) siap," kata Puan. (**/red)