breaking news Baru

Sebanyak 531 Pantarlih Di Natar Lamsel Di Lantik

Lampung Selatan, buanainformasi.tv – Sebanyak 531 Panitia Pemutakhiran dan Pendataan Pemilih (Pantarlih) di Kecamatan Natar, Lampung Selatan dilantik, Senin (24/6/2024).

Sebelumnya, PPK Natar melakukan apel bersama ratusan Pantarlih di kecamatan setempat, di Balai Desa Bumisari.

Hal itu juga menandai dimulainya pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk Pilkada serentak (27/11/2024) mendatang.

Usai dilantik di Desa masing-masing, 531 Pantarlih mengikuti apel bersama yang tersebar di lima titik se-Kecamatan Natar.

Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Natar, Kemas Yogi mengatakan, pihaknya melakukan apel dan pelantikan Pantarlih di wilayahnya.

“Ada lima titik apel bersama pantarlih hari ini, di antaranya di Desa Natar, Bumisari, Haduyang, Krawangsari, dan Bandarrejo,” ujarnya.

Ia mengatakan, setelah dilantik mereka akan melakukan pendataan ke rumah-rumah warga.

“Pantarlih akan bekerja selama satu bulan,” katanya.

Ia menjelaskan petugas Pantarlih, harus menggunakan atribut lengkap saat melaksanakan tugasnya.

“Rompi, topi dan ID card wajib digunakan saat bekerja,” tegasnya.

Ia berharap, masyarakat dapat berperan aktif dalam proses pencoklitan dengan memberikan data sebenar-benarnya.

“Kami berharap masyarakat bisa kooperatif dalam memberikan data kepada petugas pantarlih. Dalam mendukung salah satu tahapan pilkada ini,” tukasnya.

KPU Lampung Selatan juga melakukan apel persiapan dan pelantikan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Kalianda, di kantor KPU setempat, Senin (24/6/2024).

Kadiv Perencanaan Data dan Informasi KPU Lampung Selatan Asma Emilia mengatakan hari ini melakukan pelantikan Pantarlih di semua wilayah di Lampung Selatan.

“Hari ini (24/6/2024) pelantikan Pantarlih disemua wilayah di Lampung Selatan,” ujarnya.

Ia menjelaskan tahapan pelantikan, apel dan bimbingan teknis (Bimtek) Pantarlih.

Sekaligus dimulainya tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) dalam pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada Serentak 2024.

“Di hari pertama setelah dilantik, Pantarlih akan melakukan coklit ke Pemilih sesuai TPS-nya masing-masing,” ujarnya.

Ia mengatakan jumlah Pantarlih se-Lampung Selatan 2.389 orang yang tersebar di 1.586 TPS di 260 desa atau kelurahan dan 17 kecamatan se-Lampung Selatan.

“Dengan ketentuan jika jumlah pemilih kurang dari 400 berjumlah 1 orang Pantarlih di TPS tersebut, namun jika jumlah pemilihnya lebih dari 400, maka jumlah Pantarlih nya 2 orang,” ujarnya. (**/red)