breaking news Baru

Dinas PMDT Sampaikan Perkembangan Positif Desa-Desa Tranmigrasi Di Lampung

Bandar Lampung, buanainformasi.tv - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi (PMDT) Pemprov Lampung, Zaidirina menyampaikan perkembangan positif desa-desa transmigrasi terdahulu di Lampung dalam hal peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

"Transmigrasi sekarang ini tidak lagi seperti dulu. Kalau dulu kan cuma pindah aja masyarakatnya dari tempat yang padat ke tempat yang lebih sedikit jumlah penduduknya. Kalau sekarang nggak, transmigrasi ini yang paling penting nomor satu adalah harus meningkat kesejahteraannya," katanya di Bandar Lampung, Rabu (19/6/2024).

Dijelaskan upaya peningkatan kesejahteraan telah membuahkan hasil yang menggembirakan di kawasan transmigrasi Lampung.

"Syukur Alhamdulillah, untuk kawasan transmigrasi di Lampung ini sudah cukup maju dan malah melebihi kemajuan desa-desa yang asalnya desa tuanya," katanya.

Kemudian ditekankan olehnya bahwa keseimbangan dalam pembangunan antara desa transmigrasi dan desa asal penting untuk dijaga.

"Makanya sekarang kita harus menyeimbangkan juga, jangan kawasan transmigrasinya maju tapi desa-desa tuanya malah enggak. Jadi semuanya harus maju," ujarnya.

Ia menambahkan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi salah satu fokus utama terutama dalam mendukung pengembangan ekonomi desa-desa transmigrasi.

"BUMDes juga dikembangkan di sana. BUMDes di Mesuji itu juara satu provinsi, itu adanya di kawasan transmigrasi BUMDes-nya," tutupnya. (**/red)