breaking news Baru

Jelang Idul Adha, Pemkab Lampung Tengah Sidak Pasar Kambing

Lampung Tengah, Buana Informasi TV – Mendekati hari raya Idul Adha, Pemkab Lampung Tengah melakukan sidak di sejumlah pasar ternak.

Melalui Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Perikanan (DP3) Lampung Tengah, salah satu lokasi yang disidak yakni pasar kambing Kampung Adi Jaya di Kecamatan Terbanggi Besar, Selasa (11/6/2024).

Sekretarist Daerah (Sekda) Lampung Tengah Kusuma Riyadi mengatakan, inspeksi mendadak tersebut untuk memastikan kambing yang dipasarkan dalam keadaan aman untuk Hari Raya Idul Adha 2024.

“Menjelang Idul Adha ini, kita turun ke pasar untuk memastikan penyakit PMK, Rabies, dan LSD untuk hewan ternak di Lampung Tengah,” katanya saat mengikuti sidak.

Dia mengatakan, sebelumnya DP3 juga melakukan kegiatan serupa di beberapa tempat.

Selain pemeriksaan fisik, juga melakukan vaksinasi penyakit hewan ternak.
Kusuma Riyadi pun memastikan, hewan ternak yang dipasarkan di Lampung Tengah aman.

“Langkah antisipasi dan pemeriksaan sudah dilakukan, Insyaallah hewan ternak di Lampung Tengah aman dikonsumsi saat hari raya Idul Adha,” katanya.

Di sisi lain, peternak kambing di Lampung Tengah mendapat banyak permintaan hewan kurban untuk dikirim ke luar provinsi menjelang Idul Adha.

Seperti halnya Paimin, rata-rata dia mendapat pesanan 120 ekor kambing dalam sekali pengiriman.

Peternak asal Gunung Sari, Kecamatan Gunung Sugih itu mengaku tahun ini banyak pesanan kambing kurban yang dikirim ke Bandung, Jawa Barat.

“Permintaan meningkat hingga 470 ekor per 2 minggu terakhir, Alhamdulillah harga jualnya juga naik,” katanya.

Paimin menyebutkan, harga kambing saat ini untuk ukuran kecil hingga sedang, dikisaran Rp 2,5-3 juta.

Sementara untuk ukuran besar, harga jualnya mencapai Rp 4-6 juta.”Alhamdulillah penjualan meningkat dan kambing sehat-sehat, berkah hari raya,” tutupnya. (**/red)