breaking news Baru

Gubernur Lampung Usulkan Adanya Pengembangan Dermaga Di Pelabuhan Bakauheni

Bandar Lampung, Buana Informasi TV - Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi mengusulkan adanya pengembangan Pelabuhan Bakauheni.

Usulan tersebut dimaksudkan guna memfasilitasi terhadap tingginya pengguna penyeberangan di sana.

"Provinsi Lampung ini merupakan wilayah ujung yang menjadi pintu gerbang Pulau Sumatera sehingga potensi pengembangan ekonomi pun besar," ujarnya di Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Rabu (15/5/2024).

Kemudian ia menambahkan lagi usulan terkait berupa penambahan dermaga dan area penyeberangan.

Sebab menurutnya pengguna yang menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni dari Pulau Jawa dan Sumatera telah mencapai lebih dari 30 juta orang.

"Karena itu dalam waktu dekat akan saya komunikasikan ke pemerintah pusat untuk pengembangan pelabuhan di sini," katanya.

Hal itu dilakukan untuk mendukung penyeberangan di Selat Sunda terutama saat periode angkutan mudik hari raya Lebaran yang terjadi tiap tahunnya.

"Banyak saudara-saudara kita yang di Sumatera, khususnya di Lampung yang bekerja di Pulau Jawa untuk mencari nafkah. Dan setiap tahun saat mudik selalu macet ini yang menjadi pertimbangan untuk penambahan dermaga, mudah-mudahan akan di komunikasikan akan menjadi solusi," katanya.

Menurutnya sebagai pelabuhan yang aktif dalam melayani penyeberangan, maka  Pelabuhan Bakauheni juga akan menambah kehandalan transportasi.

Apalagi mengingat saat ini tengah dibangun Jalan Tol Trans Sumatera sampai ke Jambi.

"Saat ini Jalan Tol Trans Sumatera yang di Lampung sudah bagus, dan waktu dekat akan dibangun sampai ke Jambi. Jadi saat usulan Pelabuhan Bakauheni bisa dikembangkan, maka akan meningkatkan transportasi di daerah," kata dia. (**/red)