breaking news Baru

Valentino Rossi Naik Podium Pertamanya Di Gelaran WEC Bersama Dengan Sean Gelael

Nasional, Buana Informasi TV - Valentino Rossi berdiri di podium lagi. Ini merupakan podium pertama Rossi di gelaran WEC. Rossi sempat kalah duel dengan Sean Gelael.

Valentino Rossi menyabet podium untuk pertama kalinya di gelaran World Endurance Championship (WEC) di Imola, Italia. Tim WRT 46 BMW yang dinaungi Rossi itu memulai balapan dari posisi ketiga dan bertarung memperebutkan juara dalam balapan 6 jam.

The Doctor sempat berduel sengit dengan Sean Gelael. Saat itu Rossi tengah unggul dengan catatan waktu bagus. Rossi dengan WRT 46 tengah unggul lebih dari 20 detik di atas WRT 31 yang merupakan tim Sean Gelael. Namun Sean memangkas jarak tersebut, menjadi 19, 17, 13, 10, 8, dan terakhir 5 detik. Sebuah perjuangan berat mengingat kondisi lintasan juga tak mudah karena banyak insiden mobil keluar trek dan lalu membawa kerikil ke dalam lintasan lomba.

Sean bisa memangkas waktu sedemikian rupa karena rata-rata dia lebih cepat 1 sampai 1,5 detik dari legenda MotoGP asal Italia yang banting setir menjadi pebalap mobil profesional tersebut. Duel Sean dan Rossi berakhir dan walau posisi lomba tak berubah, P2 dan P3, namun WRT 31 mendapat angin karena jarak telah mengecil.

Hingga akhirnya tim WRT 31 bisa menuntaskan balapan tercepat menyusul WRT 46 dan berhasil menyabet podium pertama. Sedangkan Rossi dan rekan setimnya harus puas di podium kedua.

Torehan ini amat bikin Rossi girang. Terlebih tim WRT BMW bisa mendominasi podium WEC.

"Saya sangat senang dengan posisi 1-2 tim WRT untuk BMW M Motorsport dan ini merupakan podium pertama di FIA WEC," ungkap Rossi.

"Kami sangat kuat sejak Sabtu di kualifikasi dan Ahmad penampilannya cemerlang hingga bisa start di posisi ketiga," tambah Rossi.

Rossi membeberkan strategi berani yang dipilih tim WRT BMW yakni dengan penggunaan ban slick. Nyatanya pilihan itu berbuah hasil. Mobil yang ditunggangi Augusto Fasfus, Sean Gelael, dan Darren Leung serta Valentino Rossi, Ahmad Al Harthy, dan Maxime Martin berhasil finis di podium teratas.

"Saya sangat puas dengan hasilnya," ujar juara dunia MotoGP sembilan kali itu. (**/red)