breaking news Baru

Dishub Metro Mencatat Melakukan Uji KIR Pada Triwulan Pertama Tahun 2024

Metro, Buana Informasi TV - UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Metro mencatat ribuan kendaraan melakukan Uji KIR pada triwulan pertama tahun 2024.

Kepala UPT PKB Dishub Metro, Sopian Mega mengatakan, ada 1.064 kendaraan yang melakukan uji KIR sejak Januari hingga Maret 2024.

Ia mengaku, terdapat penurunan kendaraan yang melakukan uji KIR apabila dibandingkan pada triwulan pertama tahun 2023.

Tercatat pada 2023 lalu terdapat 1.086 kendaraan yang melakukan uji KIR.

"Kalau di tahun 2024 ini 1.064 kendaraan. Artinya selisihnya tidak banyak, cuma 22 kendaraan. Tapi memang terjadi penurunan," kata Sopian, Rabu (17/4/2024).

Sopian menuturkan, sepanjang 2024 ini, terdapat puluhan kendaraan yang belum lulus uji KIR.

Pada triwulan pertama tahub 2024, ada 117 kendaraan yang tidak lulus uji KIR.

"Dengan rincian, Januari berjumlah 51 kendaraan, Februari 41 kendaraan, dan Maret 25 kendaraan," tuturnya.

"Sedangkan untuk jumlah kendaraan yang melakukan uji KIR ulang di Januari sampai Maret berjumlah 84 kendaraan," tambahnya.

Ia mengungkapkan, terdapat 33 kendaraan tidak lulus KIR yang belum melakukan uji KIR ulang.

"Yang tidak lulus uji ini, yang tidak layak kita sudah suruh perbaikan dulu. Ada 33 kendaraan tidak balik lagi, artinya tidak lulus uji dan tidak uji KIR ulang," tukasnya.

Menurutnya, kendaraan tang tidak lulus uji tersebut lantaran terkendala administrasi atau pun kendaraan yang tidak laik jalan.

"Macam-macam, ada yang karena administrasi tidak lengkap, ada yang tidak ada alat pemadam api ringan (APAR), ada yang kendaraannya yang sudah tidak laik jalan," jelasnya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, sebelum melaksanakan pengujian kelengkapan kendaraan dipersiapkan," pungkasnya. (**/red)