breaking news Baru

Massa Aliansi Peduli Pemilu Menuntut Ketua Bawaslu Dan KPU Kabupaten Setempat Di Copot Jabatannya

Pesawaran, Buana informasi TV - Dinilai tidak profesional dalam menjalankan tugas, sejumlah kelompok massa yang menamakan dirinya Aliansi Masyarakat Peduli Pemilu, menuntut ketua Bawaslu dan ketua KPU kabupaten setempat di copot dari jabatannya.

Tuntutan tersebut di ungkapkan ratusan warga saat mengelar aksi di depan kantor Bawaslu dan kantor KPU kabupaten Pesawaran.Selasa 05/03/2024.

Pendemo menuntut agar Ketua Bawaslu, Fatihunnajah dan Ketua KPU Pesawaran Yatin di copot dari jabatannya, karena dipandang sudah tidak layak untuk dipertahankan.

Dalam orasinya Pendemo menuding Fatihunnajah selaku ketua Bawaslu   sebagai wasit dalam pelaksanaan pemilu, keduanya dituding berlaku tidak profesional, kerena diduga  telah ikut bermain, dengan melakukan pemihakan untuk memenangkan sosok Caleg yang diinginkan.

Selaku Korlap Aksi Sumara dalam keterangannya usai diterima Ketua KPU mengatakan, Aliansinya menuntut dan meminta kepada KPU dan Bawaslu Pesawaran untuk transparan dalam setiap keputusannya, terlebih terhadap penanganan masalah yang terindikasi dengan adanya terjadi pelanggaran.

” Kami minta kepada KPU dan Bawaslu untuk bersikap transparan terhadap keputusan yang diputuskannya, tidak sembunyi-sembunyi, sehingga tidak ada ruang bagi masyarakat untuk protes atau memberikan koreksinya, apalagi terhadap penanganan persoalan yang memang diketahui ada terjadi pelanggarannya,” ucap Sumara

” Jangan janjinya mau melakukan Pres konfren, nyatanya tidak, ini kan sama saja telah berbohong,” sambungnya.

Untuk itu kata Sumara, pihaknya akan terus memantau dan mengawal kinerja penyelenggara Pemilu tersebut, sampai pada terlaksananya penyelenggaraan Pilkada nanti.

” Pokoknya kita akan terus memantau dan mengawal kinerja dari KPU dan Bawaslu, jangan keluar dari Relnya, sampai pada pelaksanaan Pilkada nanti,” janjinya


Sementara Katua KPU Pesawaran, Yatin, mengatakan, pihaknya menyambut positif terhadap segenap aspirasi, keinginan dan tuntutan dari perwakilan pendemo. Dia juga mengucapkan terimakasihnya atas koreksi terkait kinerja pihaknya selama  ini, yang kesemuanya bermuara untuk perbaikan bagi  kinerja penyelenggara Pemilu itu sendiri.

 ” Tentunya disini kita ucapkan banyak terimakasih, atas semua aspirasi yang telah disampaikan oleh perwakilan unras tadi, terlebih yang berisi koreksi dan himbauan kepada kami, untuk kedepan agar bekerja lebih baik lagi,” pungkasnya. (**/red)