breaking news Baru

Polsek Natar Mengamankan 2 Pelaku Pencuri Kotak Aman Yang Berisi Uang Rp 17 Ribu

Lampung Selatan, Buana Informasi TV - Polsek Natar, Polres Lampung Selatan, Polda Lampung mengamankan pencuri kotak amal di Masjid Nurul Amal, Desa Pemanggilan, Kecamatan Natar, Sabtu (2/3/2024).

"Kami berhasil melakukan penangkapan terhadap dua tersangka saat sedang belanja di warung di Desa Pemanggilan," jelas Panit 1 Reskrim Polsek Natar, jajaran Polda Lampung Ipda Suyitno  mewakili kapolsek, Selasa (5/3/2024).

Saat dilakukan penggeledahan didapat di badan tersangka MRD alias Okum senjata api mainan pistol, kunci letter T dan uang Rp7ribu. 

Lalu di badan tersangka S (19) didapat barang berupa sebilah sajam pisau serta satu unit kendaraan sepeda motor.

Penangkapan bermula dari adanya laporan korban AF (40) selaku pengurus masjid bahwa telah terjadi tindak pidana pencurian kotak amal di masjid.

Hingga pihaknya melakukan penyelidikan dan berhasil melakukan penangkapan terhadap kedua tersangka yang berinisial MRD (19) dan S (19), Sabtu (2/3/2024) pukul 10.00 WIB.

Saat diinterogasi, kedua tersangka mengakui perbuatannya telah bersama-sama melakukan pencurian uang kotak amal di dalam masjid.

Pelaku melancarkan aksinya dengan cara masuk kedalam masjid melalui pintu samping masjid.

Kemudian mengambil kotak amal lalu mencongkel kotak tersebut dengan menggunakan alat bantu yang diduga senjata tajam.

Setelah berhasil kemudian pelaku mengambil sejumlah uang sebesar Rp17ribu kemudian melarikan diri menggunakan sepeda motor.

Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian berupa 2 kotak amal masjid yang telah dirusak senilai Rp1 juta dan uang di dalam kotak amal sebesar Rp17ribu.

Adapun barang bukti yang diamankan berupa dua kotak amal, sepucuk senpi mainan, kunci letter T, uang tunai Rp7ribu, satu motor Honda Beat, dan sebuah flashdisk rekaman CCTV.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHP. (**/red)