breaking news Baru

Bapanas Minta Pemda Jaga Stabilitas Harga Jelang Ramadhan

Nasional, Buana Informasi TV - Badan Pangan Nasional (Bapanas) meminta seluruh kepala daerah mulai dari provinsi hingga kabupaten/kota untuk bekerja sama di bulan ramadhan ini. Kepala Bapanas Arief Prasetyo menyebut hal ini demi menjaga stabilitas bahan pangan selama bulan puasa.
Arief meminta kepala daerah untuk melakukan tiga hal. Pertama, dia meminta kepala daerah untuk dapat melakukan gerakan pangan murah.

"Yang pertama gerakan pangan murah, saya berharap semua daerah dapat melakukan pangan murah. Mohon nanti teman-teman Bulog bisa menyampaikan bahwa stok di daerah semua cukup, dan bisa bekerjasama dengan Pemda," kata Arief dalam acara Rapat Koordinasi Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan, Jakarta, Senin (4/3/2024).

Lalu, dia meminta kepada Pemda untuk menjaga inflasi daerah. Untuk itu, perlunya sinergi dengan tim pengendali inflasi masing-masing daerah.

Kemudian memantau harga pasar, baik di pasar induk, pasar tradisional, maupun pasar ritel. Hal ini dilakukan untuk agar semua harta pangan terpantau masih aman.

"Karena biasanya baru ada kata jelang puasa, jelang lebaran, harga itu sudah naik. Kemudian, pemantauan pasar ini tentunya ada beberapa beras SPHP yg memang harus dijual maksimum Rp. 10.950," jelasnya.

Dengan begitu, dia berharap masyarakat dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadan dengan nyaman. (**/red)