breaking news Baru

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana Turun Langsung Mengecek Banjir di Beberapa Titik

Bandar Lampung, Buana Informasi TV - Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana turun langsung mengecek banjir di beberapa titik, Minggu (25/2/2024) dini hari. 

Hal itu dilakukan meski Wali Kota Eva Dwiana baru sampai dari dinas luar ke DKI Jakarta dan langsung menyempatkan melihat kondisi banjir di Kelurahan Rajabasa Nunyai, Rajabasa, Bandar Lampung.

Kemudian Eva Dwiana juga meninjau banjir di lokasi lain yakni di Kecamatan Kedamaian, Bandar Lampung. 

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengatakan, dirinya bersama tim langsung terjun ke lokasi banjir yakni di wilayah Rajabasa Nunyai dan Kecamatan Kedamaian. 

"Memang hujan turun itu dimulai dari pukul 16.00 WIB dan hujannya luar biasa," kata Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana saat diwawancarai di Kelurahan Rajabasa Nunyai.

Ia mengatakan, dirinya sangat menyesalkan ternyata saat dilihat ada beberapa rumah yang mengambil bantaran sungai.

"Kalau kemarin mendapati ada tanggul yang jebol dan tetapi sudah diperbaiki. Sekarang ini ada rumah yang mengambil badan jalan sungai," kata Eva. 

Eva mengatakan, pihaknya mendapati pernah terjadi seperti itu di daerah Telukbetung dua tahun lalu. 

"Kami membongkar bangunan yang mengambil badan jalan sungai dan alhamdulilah lancar aliran sungai tersebut," kata Eva. 

Ia mengatakan, sekarang di Kelurahan Rajabasa Nunyai terjadi banjir dan ini ada daerah yang permukaannya rendah.

"Kami mau ngecor dan kasih drainase dan langkah strategis ke depan, terhadap rumah yang makan badan sungai akan koordinasikan," kata Eva.

"Jadi kami menginformasikan ini karena kalau makan badan jalan ini dampaknya seperti ini," kata Eva. 

Ia mengatakan, masyarakat harus tahu aturannya membangun rumah dan tidak memakan bantaran dan alur sungai.

"Kalau emang ada yang harus dijebol, maka kami langsung memperbaikinya dan apabila ada kerusakan langsung dibantu," kata Eva. 

"Jadi pihak warga tersebut nanti akan dipanggil dan harus dimusyawarahkan dulu," kata Eva. 

Ia mengatakan, pemkot akan memperbaiki apa yang mereka bangun itu.

"Jangan sampai terjadi lagi, kemarin di Gang Toyib juga lebih parah dimana satu rumah itu ada yang di atas sungai dan kami bongkar," Eva. 

Eva mengatakan, warga yang mengambil badan jalan sungai diminta untuk dikomunikasikan dengan pihak RT hingga camat setempat.

Saat ditanya bagaimana respon terhadap banyak warga yang terdampak banjir, Eva mengatakan, pihaknya sedang mendata berapa rumah yang rusak.

"Saya besok pagi akan keliling lagi untuk melihat langsung rumah-rumah yang terdampak banjir di Kota Bandar Lampung," kata Eva. (**/red)