breaking news Baru

Pemkab Pesawaran Menargetkan Penurunan Angka Stunting Hingga 14 Persen Pada 2024

Pesawaran, Buana Informasi TV - Pemkab Pesawaran menargetkan penurunan angka stunting hingga 14 persen pada 2024.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pesawaran, Adhitya Hidayat, Jumat (23/2/2024).

Adhitya mengatakan, target penutunan stunting tersebut mengikuti target nasional tahun 2024.

Sebelumnya di tahun 2023, Kabupaten Pesawaran menargetkan penurunan stunting di angka 17 persen.

Dia menyebut, dua target dalam dua tahun terakhir tersebut memudahkan untuk menurunkan angka stunting baik di tahun lalu dan tahun ini.

Pada 2024 ini Pemkab Pesawaran terus memaksimalkan berbagai program agar target penurunan stunting sebesar 14 persen dapat tercapai.

“Ada enam upaya pencegahan dan penurunan angka stunting yang dilakukan di Kabupaten Pesawaran,” kata Adhitya.

Program tersebut kata Adhitya adalah, menyusun regulasi tentang upaya percepatan penurunan stunting, Tim Koordinasi Pencegahan dan Penurunan stunting yang bergerak cepat, menyusun TPPS di kecamatan dan desa.

Kemudian menetapkan desa lokus stunting per tahun dan melaksanakan delapan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting.

Serta, melaksanakan intervensi baik sensitif berupa kegiatan yang berhubungan dengan penyebab tidak langsung.

Adhitya menerangkan, secara spesifik kegiatan intervensi itu meliputi, pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita kurus.

Lalu pemberian tablet tambah darah bagi remaja, wanita subur dan ibu hamil, promosi dan konseling pemberian makanan bagi bayi dan anak.

Sementara itu Sekkab Pesawaran Wildan menambahkan, penurunan stunting ini menjadi salah satu prioritas pemerintah sejak tahun 2020.

Kata Wildan, tingkat prevalensi stunting yang tinggi dapat diatasi bersama baik oleh pemerintah maupun individu, komunitas, CSR, lembaga donor maupun swasta dengan cara bersinergi dan bersatu dalam upaya penanggulangan stunting. (**/red)