breaking news Baru

Bansos Beras Bakal Dilanjut Sampai Akhir Tahun

Nasional, Buana Informasi TV - Badan Pangan Nasional mengatakan penyaluran bantuan pangan beras harus dilakukan secara terus-menerus. Program tersebut dinilai mampu menahan inflasi pangan dan membantu masyarakat bawah agar tidak terdampak dengan mahalnya harga beras.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi pun memastikan bantuan pangan beras akan dilanjutkan kembali setelah pemilu selesai. Namun, pada hari tenang pemilu pada 11 sampai 14 Februari 2024, penyaluran bantuan pangan beras direncanakan dihentikan sementara.

"Tetapi ya sudah kita setop, kemudian ini nanti kembali lagi. Biar sejuk juga kan. Ini ya terus menerus (bantuan pangan), (akan dilakukan sepanjang tahun) tergantung APBN cukup atau nggak”.

Arief juga menegaskan kembali bahwa penyaluran bantuan pangan beras tidak ada kaitannya dengan pemilihan presiden (pilpres) atau pemilihan umum (pemilu). Dia menjelaskan, penyaluran bantuan pangan sudah ada jauh sebelum tahun pemilu.

"Bantuan pangan itu kan dikerjakan terus-menerus, itu kan sudah dari dulu. Itu kan sudah ada sejak zaman dulu sudah dilakukan oleh Badan Pangan Nasional. Jadi bukan untuk menjelang pemilu. Nggak ada itu," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sempat mengatakan bantuan pangan berupa beras 10 kilogram (kg) tersebut bisa dilanjutkan setelah Juni jika anggaran negara mencukupi.

"Nanti setelah Juni saya akan hitung-hitung lagi APBN kita, kalau memungkinkan akan dilanjutkan lagi," ujarnya.


Ia juga menambahkan, beras yang diserahkan kepada masyarakat tersebut merupakan beras pilihan yang memiliki kualitas paling baik. Jokowi meminta masyarakat langsung mencobanya di rumah.

"Saya kira beras yang bapak, ibu terima itu bukan beras medium, tapi premium. Nanti sampai di rumah langsung dimasak, coba, karena berasnya beras pilihan semua," katanya. (**/red)