Kemenhub Akan Revitalisasi Terminal Tipe A Cicaheum

Nasional, Buana Informasi TV - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal melakukan revitalisasi Terminal Tipe A Cicaheum, Bandung. Saat ini, terminal tersebut masih proses serah terima aset dari pemerintah daerah (pemda) ke Kemenhub selesai.
"Kita lihat kondisi Terminal Cicaheum Bandung saat ini kurang representatif. Oleh karenanya, saya minta kepada Pemda Jabar untuk menyerahkan aset (Terminal Cicaheum) kepada Kementerian Perhubungan agar kami segera merencanakan. Insyaallah, akhir tahun ini atau tahun depan akan membangun sama baiknya dengan Terminal Leuwipanjang," kata Budi Karya dalam keterangan tertulis, Minggu (4/2/2024).

Hal tersebut diungkapkan Budi saat meninjau Terminal Tipe A Cicaheum, Bandung, hari ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta dirinya agar meninjau terminal-terminal bus yang dirasa kondisinya belum optimal dan perlu segera dilakukan revitalisasi, salah satunya Terminal Cicaheum.


Budi juga menuturkan, dengan adanya program revitalisasi terminal di Kota Bandung, paling tidak nantinya akan ada 20 rute yang melintas di wilayah tersebut.

Setidaknya terdapat anggaran untuk peningkatan kualitas layanan transportasi di Bandung Raya adalah sebesar Rp 1,3 triliun. Anggaran tersebut tidak hanya untuk sarana transportasi saja, melainkan juga untuk pembangunan infrastruktur seperti halte dan jalur khusus sepanjang kurang lebih 20 km.

"Ini tentu akan mengurangi tingkat kemacetan di Kota Bandung," tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky Gustiadi menyambut baik program revitalisasi yang dilakukan pemerintah pusat.

"Kami mengucapkan terima kasih, karena yang terpenting buat kami masyarakat Kota Bandung terlayani dengan baik, dengan adanya fungsi terminal tipe A yang lebih baik seperti Leuwi Panjang," tutup Ricky.

Sebagai informasi, di Kota Bandung terdapat dua terminal tipe A yang melayani angkutan antar kota antar provinsi yaitu Terminal Leuwi Panjang dan Cicaheum. Terminal Leuwipanjang melayani rute dari Bandung dan ke arah Barat seperti di antaranya ke Jakarta, hingga Sumatera. Sementara Terminal Cicaheum melayani rute dari Bandung ke arah timur seperti di antaranya ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. (**/red)