breaking news Baru

Perangkat Daerah di Lingkup Pemkab Tubaba Harus Fokus Pada Program Kerja dan Berkolaborasi Dengan Kepala Daerah

Tulang Bawang Barat, Buana Informasi TV - Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah harus memiliki budaya kerja dan berahlak yang berorientasi pada jabatan yang akuntabel, kompeten, loyal, adaptif dan kolaboratif dengan Kepala Daerah. 

"Jadi, saya mengharapkan adaptif itu bukan secara pribadi, namun adaptif secara tanggungjawab kedinasan. Setiap program kerja yang dibebankan harus sesegera mungkin dikerjakan." Ujar Penjabat (Pj) Bupati Tulang Bawang Barat Drs. M. Firsada, M.Si pada penandatanganan Kontrak Kerja (PK) dan Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) diruang Rapat Bupati, Setkab Tubaba, Rabu (10/1/2024).

M. Firsada mencontohkan,  Pemkab Tubaba diamanatkan oleh Pemerintah Pusat melalui  program kerja penurunan stunting, menekan angka kemiskinan &  meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), harus fokus pada ke-3 program tersebut. 

Pada bagian lain, Pj. Bupati juga mengatakan, budaya kerja yang dicanangkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) , tidak hanya terkait disiplin pegawai, namun 5 hal penting yakni akuntabel, kompeten, loyal, adaptif dan kolaboratif. 

"Kolaboratif yang dimaksud adalah kolaborasi antar perangkat daerah, sebagai contoh kita pernah mengalami kekeringan dan berdampak pada kebakaran lahan. Untuk memadamkannya, budaya kolaboratif tadi diterapkan, BPBD berkolaborasi dengan Dinas DAMKAR untuk menangani kebakaran tersebut" jelas Bupati lagi. 

Diakhir amanatnya, M. Firsada. mengingatkan kembali jajaran perangkat daerah Pemkab Tubaba untuk tetap fokus pada kinerjanya dan dirinya juga akan memantau potensi pendapatan daerah, yang memerlukan kolaborasi antara perangkat daerah. 

"Dan terakhir saya berharap, tugas yang dibebankan  diluar Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) perangkat daerah dari pimpinan daerah atau tugas tambahan harus dikerjakan dengan benar." tutup Pj. Bupati. (**/red).