breaking news Baru

Mahfud Serahkan Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Menko Polhukam Ke Jokowi

Nasional, Buana Informasi TV - Mahfud Md akan menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatan Menko Polhukam kepada Presiden Jokowi. Mahfud akan menghadap Jokowi secara langsung hari ini.


Diketahui, Mahfud menyampaikan akan mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam pada Rabu (31/1/2024) dalam konferensi pers di Lampung. Mahfud mengaku surat pengunduran dirinya akan langsung diberikan kepada Jokowi begitu Jokowi tiba di Jakarta.

"Hari ini saya sudah membawa surat untuk presiden, untuk disampaikan ke presiden langsung tentang masa depan politik saya, yang belakangan ini menjadi perbincangan publik. Dan surat ini akan disampaikan begitu saya mendapat jadwal ketemu presiden. Tapi saya bawa terus karena memang surat ini begitu saya diberi waktu langsung saya ketemu langsung saya sampaikan surat ini," kata Mahfud dalam pernyataannya di Lampung, Rabu (31/1/2024).

Mahfud belum mengetahui persis kapan dirinya akan diterima Jokowi. Dia berharap bisa secepatnya bertemu Jokowi begitu tiba di Jakarta.

"Saya akan pamit baik-baik dan saya akan sampaikan surat ini begitu saya diterima dijadwalkan diterima presiden, presiden ada di luar Jakarta sampai Kamis, saya juga baru akan pulang ke Jakarta Kamis. Mudah-mudahan secepat kami diterima di Jakarta secepat pula kami bisa pula bertemu," ujar Mahfud.

Mahfud menjelaskan alasannya ingin bertemu Jokowi sebelum mundur. Dia menceritakan mengenai pengangkatannya sebagai Menko Polhukam yang dilakukan dengan penuh penghormatan.

"Saya dulu diangkat dengan penuh kehormatan dan kepercayaan, saya dipercaya oleh beliau dengan sungguh-sungguh dan saya percaya juga kepada beliau bahwa beliau menugaskan saya sehingga saya bekerja dengan hati-hati dan Insya Allah baik selama 4,5 tahun terakhir ini," ujar Mahfud.

Mahfud Md, mengumumkan telah menyiapkan surat pengunduran diri sebagai Menko Polhukam. Mahfud mengatakan akan menyerahkan surat itu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini.

"Saya besok (hari ini) akan menghadap Presiden sebagai etika. Kalau di Jawa ada istilah tinggal glanggang colong playu, pergi begitu saya. Saya tidak mau pergi begitu saja, tapi saya dengan penuh kehormatan akan menghadap kepada Presiden dan akan menyampaikan permohonan itu," kata Mahfud dalam acara Tabrak Prof di Aceh, Rabu (31/1/2024).

 

Mahfud mengatakan dirinya masih menjabat sebagai Menko Polhukam. Dia mengaku menunggu keputusan dari Jokowi terkait diterima atau tidaknya pengunduran dirinya.

"Hari ini saya mengumumkan akan menyampaikan surat resmi kepada Presiden sepulang dari Aceh besok sore. Jadi saya sampai sore ini karena tadi baru akan mengumumkan surat nanti itu akan disampaikan ke presiden surat saya. Nanti sesudah itu kita lihat perkembangannya kapan pergantiannya kapan pelantikannya tergantung pada hasil pertemuan saya dengan Presiden," ujar Mahfud. (**/red)